TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

900 Mahasiswa/Mahasiswi Untan Berlatih Bela Negara di Yonif 643/Wanara Sakti

By 23 Dec 2014 20:33Kodam XII/Tanjungpura
643-Belneg2

Anjungan, Batalyon Infanteri 643/Wanara Sakti dibawah komando Mayor Inf Wisnu Kurniawan di percaya sebagai penyelenggara pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Tanjungpura. Pada tanggal 29 November s.d 21 Desember 2014 diselenggarakan latihan Kepemimpinan dan Bela Negara oleh Mahasiswa/Mahasiswi Untan di Mayonif 643/Wns.

Pelatihan kepemimpinan dan bela negara kepada komponen bangsa memiliki tujuan disiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia dan Universitas Tanjungpura, kegiatan yang diselenggarakan di Mako Yonif 643/Wanara Sakti selama 3 minggu dengan jumlah peserta 900 Orang mahasiswa/mahasiswi yang mendapat beasiswa pendidikan.

Adapun materi-materi yang diberikan dan dapat menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan, kebersamaan, kepercayaan diri, disiplin, berani, tanggap pada situasi serta beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa antara lain :

a. Ceramah meliputi : Proxy War, Bela Negara,Wawasan Nusantara, Kepemimpinan, dan Pengetahuan Organisasi TNI.

b. Lapangan meliputi : Psikologi Lapangan/Out Bound, Mountainering, Caraka Malam, Renungan malam, dan Permildas/PBB.

Peserta tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat materi yang diajarkan namun peserta bela negara berbaur dengan prajurit yonif 643/Wanara Sakti guna menumbuhkan solidaritas antara TNI dan Rakyat dengan mengikuti kegiatan satuan antara lain : Senam, Apel, Makan bersama Prajurit, dan kegiatan keagamaan bersama Prajurit.

Kegiatan Penyelenggaraan pelatihan bela negara yang dilaksanakan oleh Yonif 643/Wanara Sakti memiliki sasaran antara lain : Terjalinnya hubungan baik TNI dengan rakyat, Timbul kecintaan TNI terhadap Rakyat dan Rakyat terhadap TNI, Sebagai pintu gerbang TNI untuk komunikasi baik dengan rakyat.

Terbentuknya sikap mental seluruh komponen bangsa, antara lain : cerdas, kritis, kreatif, proaktif, disipilin, bertanggung jawab, tahan uji, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia. Terbentuknya sikap dan perilaku seluruh komponen bangsa antara lain : Menghargai nila-nilai kesehatan dan memiliki fisik yang kuat, tangkas, terampil sehingga memiliki kepercayaan diri. (yonif643)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

900 Mahasiswa/Mahasiswi Untan Berlatih Bela Negara di Yonif 643/Wanara Sakti