TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Crew Helly Super Puma dan Personel Satgas Pamtas 133/YS Berhasil di Evakuasi

By 02 Dec 2014 22:06Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_9728

Crew Helly Super Puma TNI AU dan Personel Satgas Pamtas 133/YS yang melakukan pendaratan darurat disekitar Botom dan Kiwirok berhasil di evakuasi pada hari Senin 1 Desember 2014 pukul 16.30 WIT. Pemantauan perkembangan evakuasi masih terus dilakukan, di Poskotis Batom dipantau oleh Danlanud ATS Malang Marsma TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS., sedangkan di Posko SAR Base Ops Sentani dipantau oleh Pangkoops AU Marsda TNI Abdul Muis. Hingga saat ini sudah di evakuasi sebanyak 8 orang sedangkan sisanya sebanyak 6 orang belum dapat terangkut dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Adapun team evakuasi melibatkan team SAR Jayapura, Paskhas TNI AU, Personel Yonif 751/R, Helly Super Puma TNI AU, Helly Bell TNI AD, dan Pesawat Cassa TNI AU serta 1 unit Helly dari PT. Freeport.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan selaku Pangkoops memonitor secara langsung jalannya proses evakuasi. Pangdam menekankan kepada team evakuasi agar dapat mengoptimalkan pencarian dengan segala daya upaya dan sumber daya yang dimiliki. Ini bertujuan agar Crew Helly Super Puma TNI AU dan Personel Satgas Pamtas 133/YS dapat secepatnya dievakuasi dari lokasi kejadian.

Helly Super Puma TNI AU yang membawa 10 personel Satgas Pamtas 133/YS dan crew Helly diperkirakan melakukan pendaratan darurat disekitar Botom dan Kiwirok. Pendaratan ini dilakukan oleh pilot dikarenakan cuaca yang berubah menjadi ekstreem. Namun, ini dapat segera diketahui dikarenakan pilot membawa telepon satelit dan langsung menghubungi Base Ops TNI AU di Sentani. Dalam laporannya pilot mengabarkan bahwa crew Helly dan personel Satgas Pamtas 133/YS dinyatakan selamat. Evakuasi baru dapat dilakukan pada hari Senin 1 Desember 2014 saat cuaca dalam kondisi baik.

Rencananya evakuasi lanjutan akan kembali dilaksanakan pada esok hari disebabkan masih terdapat 6 personel yang belum terangkut dilokasi kejadian. Team evakuasi berharap cuaca esok hari baik dan mendukung sehingga evakuasi dapat dilakukan dengan lancar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Crew Helly Super Puma dan Personel Satgas Pamtas 133/YS Berhasil di Evakuasi