TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 072/Pmk Berangkatkan Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) XLIII 2014

By 29 Dec 2014 19:01Kodam IV/Diponegoro
DSC_0086

Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI MS Fadhilah memberangkatkan peserta napak tilas Serangan Umum dalam kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional (PDT)XLIII tahun 2014 di Halaman Makorem 072/Pmk, Jalan Reksobayan,Sabtu (27/12).

Pemberangkatan peserta ditandai dengan pemecahan kendi oleh Danrem dan disaksikan oleh Ketua Kwarcab XII Kota Jogja,Drs Edy Heri Suasana, MPd, MG, para Dandim se Korem 072 serta pihak-pihak terkait.

Jumlah peserta PDT tahun ini sebanyak 495 siswa dari 30 sekolah se Kota Jogja yang akan berjalan menyusuri rute-rute Serangan Umum 1 Maret 1949 selama empat hari tiga malam dan berakhir di Balaikota Jogja, Selasa (30/12) mendatang.

Adapun rute yang dilalui dari Makorem 072/Pamungkas menuju Monumen Serangan Umum 1 Maret berlanjut ke Wijilan-Krapyak-Ngotho-Banguntapan-Segoroyoso-Piyungan-Berbah-Kalasan-Minomartani-Selomartani–Cangkringan-Pakem-Ngemplak-Depok-Pengok dan berakhir di Balaikota. Total jarak tempuh PDT 2014 sejauh 80 kilometer.

Dalam Sambutannya Danrem mengatakan “Saya mendukung baik kegiatan PDT yang rutin digelar setiap tahun sejak 1971. Kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk membentuk karakter generasi muda,” kata Danrem. Sebab dalam PDT mereka akan menyusuri rute yang menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa. Nilai-nilai perjaungan inilah yang diharapkan tertanam pada generasi muda. Selain rute Serangan Umum 1 Maret pada tahun-tahun sebelumnya juga digelar PDT dengan rute diantaranya rute Pangeran Diponegoro,rute Pangeran Mangkubumi, rute Pangsar Soedirman, rute Tentara Pelajara BE-17, rute Palagan Ambarawa dan rute sejarah lainnya.

“Nantinya para peserta ini setiap berjalan 20 kilometer akan beristirahat, mendirikan tenda, melaksanakan bhakti sosial dan melaksanakan kegiatan yang telah dirancang oleh panitia. Semua ini tentu memberikan efek positif bagi pembentukan kepribadian generasi muda untuk mengasah kepedulian pada sesama juga,” sambung Danrem 072/Pmk.(Her-penrem072/Pmk)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 072/Pmk Berangkatkan Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) XLIII 2014