Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Danrem 072/PMK Lepas Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka

Dibaca: 213 Oleh 17 Des 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dilepas  Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI MS Fadhilah. Kegiatan diawali dari titik star di Taman Makam Pahlawan Yogyakarta (TMP) Jl. Kusuma Negara. Untuk menuju etape pertama di Lapangan Macanan, Bimo Martani, Ngemplak, Kabupaten Sleman  dengan jarak tempuh sekitar 25 km.(16/12) Sedangkan untuk Peleton Inti Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah dari Yonif 403/WP. Selain peleton inti yang menepuh jarak 25 km juga diiringi dengan peleton pengantar dari Rindam IV/DIP,  Pamen dan Pama Kodam IV/Diponegoro, Babinsa, FKKPI dan Para Pelajar.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono  dalam amanatnya yang dibacakan  oleh Danrem 072/Pamungkas pelaksanaan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini, merupakan kegiatan tradisi yang setiap tahun dilaksanakan oleh satuan di jajaran TNI Angkatan Darat, sebagai wujut penghormatan dan penghargaan kita terhadap jasa-jasa para pahlawan dalam berjuang dan membela Tanah Air Indonesia. Hal penting yang dapat kita petik dari kegiatan ini adalah bagaimana nilai-nilai kejuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa itu diresapi, dihayati dan diamalkan pada setiap diri prajurit, baik dalam pola piker, pola tindak maupun prilaku, sehingga warisan nilai yang ada akan dapat terjaga sampai kapanpun.

Baca juga:  Rumkit Tk. II dr. Soedjono Magelang, Menjadi Percontohan Pelayanan Publik Terintegrasi di Lingkungan TNI

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pada tanggal 15 Desember 1945, sebuah peristiwa bersejarah terjadi di kota Ambarawa. Peristiwa yang kenal dengan Palagan Ambarawa ini, memberikan pesan penting kepada kita semua, bahwa dengan berbekal tekad, semangat, senjata serta perlengkapan yang sangat sederhana, TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang dalam menghadapi tentara Belanda. Dalam rangkaian peringatan inilah peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan mengawal panji-panji atau simbul Korps Infanteri di laksanakan guna menggelorakan semangat dan meresapi nilai-nilai patriotisme para  pahlawan.

Saya tekankan kepada peserta Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Selamat jalan dan selamat bertugas perhatikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Usai upacara serah terima Peleton Beranting dilanjutkan Tepat pukul 09.00 WIB pelepasan ditandai dengan pengibaran bendera star oleh Danrem 072/PMK yang didampingi Danlanal Yogyakarta,Wakapolda DIY, Kapolresta Yogyakarta, Walikota dan Dandim  jajaran Korem 072/PMK Yogyakarta.(Penrem072)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel