TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANREM 083/BDJ CERAMAH “ HAM ANTARA ADA DAN TIADA “ DI UNIVERSITAS MERDEKA (UNMER) MALANG

By 11 Dec 2014 06:06Kodam V/Brawijaya
PENUH SEMANGAT PARA NARA SUMBER BERDIALOG1

Malang, Rabu (10/12), Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Arm Totok Imam S., S.IP., S.Sos., M.Tr (Han) memberikan ceramah HAM di Unmer Malang.

Danrem sebagai Pembina harian Unmer ingin berbagi pengalaman dengan para mahasiswa Unmer yang sedang menyelenggarakan kegiatan peringatan Ham sedunia dengan mengisi Ceramah dan dialog tentang HAM bersama-sama dengan nara sumber lainnya yaitu Ibu Kadek Wiwik Indrayanti (Fak Hukum Unmer), Bpk. Abdul Azis (UIN) yang bersama-sama bertujuan untuk memberikan pengertian tentang HAM yang selama ini selalu menjadi perhatian dari semua kalangan. Tema yang diambil “ Ham Antara Ada dan Tiada ”. Ham merupakan seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai mahluk Tuhan YME dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat da martabat manusia. Secara teoritis Ham melekat pada manusia yang bersifat kodrati dan fundamental sebagai tanggung jawab bersama antara individu dan pemerintah, disamping itu ham tidak seorangpun bisa membatasi dan melanggar hak orang lain. Sejarah Ham di Indonesia dimulai sejak masa Pra Kemerdekaan abad ke 19 semasa RA. Kartini s.d. masa reformasi semakin membaik iklim kebebasan dan lahirnya berbagai dokumen Ham yang lebih baik lagi ( UU No 39/1999 tentang HAM) dengan macam-macam hak asasi mulai dari Hak asasi pribadi, politik, hukum, ekonomi, peradilan, sosial budaya. Dari beberapa kejadian di Indonesia mulai dari kasus pembunuhan Munir, Marsinah, Penembakan Mahasiswa Trisakti, peristiwa Tanjung Priok dll, hal ini menjadikan pelajaran bagi kita semua untuk dapat mencari solusi agar hal ini tidak terulang kembali, bukan mencari kambing hitam/siapa yang salah. Mengapa Ham ADA dan TIADA, hal ini karena kurangnya kesadaran masyarakat dan demokrasi yang kebablasan, penegakan hukum masih lemah, ham berlaku sepihak, bahan ham yang ada/Komnas Ham kurang optimal dalam tugas. Ham harus ditegakkan dan jangan dilanggar. (Penrem 083/Bdj)

Hadir dalam acara tersebut Rektor Unmer Prof. Dr. Anwar Sanusi SE, M.Si, Wakil Rektor 3 Hy\Usein Muslimin., S.H., M.Hum, Presiden BEM Unmer Ismail dan Kasi Ter Korem 083/Bdj beserta staf. (Penrem 083/Bdj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANREM 083/BDJ CERAMAH “ HAM ANTARA ADA DAN TIADA “ DI UNIVERSITAS MERDEKA (UNMER) MALANG