TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANREM 171/PVT SEBAGAI IRUP PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA TAHUN 2014

By 16 Dec 2014 06:59Kodam XVII/Cenderawasih
UP HARI JUANG KARTIKA

Dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika tahun 2014 prajurit dan PNS TNI AD wilayah Sorong melaksanakan upacara dengan Irup Danrem 171/PVT Brigjen TNI Djoko Subandrio, dihadiri oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf, S.Ip, Wakil Bupati Sorong Drs. Suka Harjono, M.Si, para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT, Kapolresta Sorong AKBP Karimudin Ritonga. S.Ik, Kapolres Sorong AKBP Gatot Suprasetya, S.Ik, para pimpinan bertempat di Lapangan Hocky Kampung Baru Sorong-Papua Barat, Senin (15/12).

Dalam amanat Danrem 171/PVT Brigjen TNI Djoko Subandrio yang membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat mengatakan bahwa momentum peringatan Hari Juang Kartika ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan instrospeksi dan mawas diri terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun yang lalu, sekaligus untuk membulatkan tekad dalam mengoptimalkan pengabdian TNI AD ke depan.

Pada kesempatan yang baik ini diingatkan pesan Bapak Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa prajurit bukanlah Tentara sewaan dan bukan Tentara bayaran, politik Tentara adalah politik Negara dan loyalitas Tentara hanya untuk kepentingan Bangsa dan Negara. Dalam konteks tersebut dimaknai bahwa sejak lahir TNI tidak berpolitik praktis sehingga tidak terkotak-kotak dalam berbagai kepentingan, dan loyalitas TNI adalah loyalitas tegak lurus sesuai jenjang hierarkhi mulai dari Pimpinan paling rendah sampai dengan Presiden selaku Panglima Tertinggi TNI serta wajib bagi TNI untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah dalam menjalankan program pembangunan.

Selain itu, beberapa Kementerian juga menaruh harapan untuk dapat bekerjasama dengan TNI AD dalam rangka menyukseskan tugas Pemerintah sesuai bidang Kementeriannya. Oleh karena itu diperintahkan kepada para Pangkotama, Kabalakpus dan seluruh Prajurit dimanapun kalian berada dan bertugas untuk senantiasa memelihara komunikasi sosial, bekerjasama dan bergandeng tangan dengan berbagai instansi Pemerintah, swasta dan masyarakat untuk bahu membahu menyukseskan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Bangsa dan Negara.

Kembangkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan para ilmuwan, sehingga dapat terus dikembangkan inovasi teknologi hemat energi, teknologi pertanian, dan teknologi terapan khususnya yang langsung menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat petani dan masyarakat pedesaan. Kesemua itu sejalan dengan tema Hari Juang Kartika tahun ini, yaitu : “Bersama Rakyat TNI AD Kuat, Bersama TNI AD Rakyat Damai dan Sejahtera”.

Diharapkan tema tersebut dipahami dan dihayati oleh setiap Prajurit, sehingga dapat menimbulkan kesadaran yang sangat mendalam bahwa kekuatan inti TNI AD ada pada Rakyat yang terus dibangun dalam kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Laksanakan terus Serbuan Teritorial melalui kegiatan nyata yang lebih serius, serentak dan menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Dengan Serbuan Teritorial dibangun kecintaan TNI terhadap Rakyat sehingga Rakyat makin mencintai TNI. (Penrem 171/PVT )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANREM 171/PVT SEBAGAI IRUP PERINGATAN HARI JUANG KARTIKA TAHUN 2014