TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem Bekali Para Alumni Parade Cinta Tanah Air Babel

By 19 Dec 2014 17:08Kodam II/Sriwijaya
DSC_5896

Pangkalpinang (Penrem 045/Gaya), Danrem 045/Gaya Kolonel Arh Hassanudin bekali para pemuda generasi bangsa alumni parade cinta tanah air (PCTR) Provinsi Kepulauan Bangka BelitungParade cinta tanah air Selasa 16/12 di Gedung Hamida Pangkalpiang

Sebelum Danrem memberikan bekal tentang wawasan kebangsaan diawali dengan pengukuhan dan pembinaan alumni PCTR Bangka Belitung oleh wakil walikota Pangkalpiang Muhammad Sopian yang didampingi oleh Kepala Koordinator Daerah (Kakorda) Kemhan Babel Kolonel Inf Bambang Sulistiantoro.

Kegiatan selanjutnya pembekalan tentang nasionalisme oleh ketua DPRD Provinsi kepulauan Bangka Belitung Bapak Didit Srigusjaya, S.H, M.H, dilanjutkan pembekalan tentang disiplin berlalulintas yang didisampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Kep Babel Kombes Pol Agus Suryonugroho

Dilanjutkan pembekalan tentang kemaritiman  yang disampaikan oleh orang nomor satu di TNI AL Babel Danlanal Babel Letkol Laut (P) Hendra Kusum dan giliran terakhir oleh Danrem 045/Gaya mengangkat masalah kesadaran wawasan kebangsaan bagi generasi muda bangsa. Pada kesempata ini Danrem mengangkat tema “Harmoni dalam Keragaman” tampak para siswa siswi SMA sederajat  ini mendengarkan secara serius dan seksama uraian yang disampaikan oleh Kolonel Hassanudin yang kadang juga melontarkan humor sehingga suasana terasa hangat dan riang para alumni PCTR.

Ketiga pertanyaan yang mendasar itu harus di jawab oleh para alumni yang merupakan sebagai generasi muda bangsa pewaris untuk melanjutkan kepemimpinan guna mengatur bangsa dan negara ini khususnya di Bangka Belitung

Lebih lanjut Danrem mengulas tentang harmoni dalam keragaman, Bangsa Indonesia adalah kumpulan dari 500-an suku bangsa dengan 1.025 ‘tapak’ budayanya yang mendiami

17.504 pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang luasnya 1.922.570 km²

Bangsa Indonesia lahir dari persamaan perasaan kebangsaan Indonesia Kehendak untuk hidup bersatu Di tanah air Indonesia, sebagai satu bangsa Untuk bersama-sama berjuang untuk mencapai Cita-cita kebangsaan berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika.

Ceramahnya Kolonel Hassanudin berpesan kepada alumni PCTR Babel  ada karena adanya sumpah pemuda negara Indonesia ada. karena adanya pancasila jangan biarkan Indonesia set-back seperti sebelum tahun 1948. mantapkan  wawasan kebangsaan kita      untuk mewujudkan kerukunan guna menjaga keutuhan NKRI, Tegas Kolonel Hassanudin.

Ancaman bangsa kedepan yang pertama diadu domba diantara kita devide et impera yang kedua seperti sekarang ini war by proxy oleh sebab itu kita harus waspada selalu terhadap serangan tersebut terutama lewat narkoba pergaulan bebas sex bebas dan hidup materialistis.

Lebih lanjut Kolonel Hassanudin orang nomor satu di Korem ini menyampaikan bahwa perlu diingat bersama bahwa bangsa Indonesia ada  karena adanya sumpah pemuda negara Indonesia ada karena adanya pancasila mantapkan  wawasan kebangsaan kita     untuk mewujudkan kerukunan   guna menjaga keutuhan NKRI, Pesan Danrem.

Sebelum mengakhiri Danrem melontarkan puisi tentang perubahan bahwa kalau kita ingin merubah bangsa, merubah lingkungan bahkan untuk merubah keluarga kita, yang harus dirubah terlebih dahulu adalah diri kita sendiri harus merubah yang lebih baik sehingga orang lain akan mengikutinya, Papar Danrem.(Rukh).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem Bekali Para Alumni Parade Cinta Tanah Air Babel