TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gelar Pasukan Pengamanan VVIP RI-I Ke Yogyakarta

By 09 Dec 2014 02:05Kodam IV/Diponegoro
081220141

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI MS Fadhilah Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden Republik Joko Widodo dan Rombongan dalam rangka membuka peringatan Hari Korupsi Internasional. Tak hanya itu Presiden juga diagendakan menyambangi stand korupsi milik KPK di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Senin (08/12).

Pada kesempatan tersebut Danrem 072/Pamungkas dalam amanatnya menyampaikan bahwa Kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia dan Rombongan akan sampai di Istana Gedung Agung Yogyakarta dan UGM, maka sudah menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk menyukseskannya dengan cara berbuat semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan dalam suasana kondusif termasuk ketika Bapak Presiden membuka acara tersebut.

Selanjutnya dalam amanat Danrem mengharapkan bahwa operasi pengamanan yang telah dilaksanakan pada even-even sebelumnya, keberhasilan pelaksanaan pengamanan VVIP ditentukan oleh adanya kerja sama dan koordinasi yang baik antar satuan pelaksana pengamanan. Kesuksesan pelaksanaan tugas pengamanan pada kegiatan-kegiatan lain sebelumnya, hendaknya dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan tugas pengamanan kali ini serta apel gelar pasukan semacam ini merupakan sarana yang tepat untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur.

Hal ini menurut Danrem 072/Pamungkas disampaikan mengingat kegiatan pengamanan seperti ini tidak mentolerir kesalahan sekecil apapun. Dengan demikian perlu adanya koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga bila terjadi kendala atau masalah akan segera dapat diatasi. Korem 072/Pamungkas dibantu Polda DIY, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya melaksanakan kegiatan pengamanan ini dengan mengerahkan sejumlah personel yang dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas dan tanggung jawab, rantai komando yang efektif dan efisien. Selanjutnya Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan gelar pasukan pengamanan VVIP adalah terciptanya situasi dan kondisi wilayah yang kondusif sehingga rangkaian kegiatan pengamanan VVIP dapat terlaksana dengan tertib, aman dan nyaman.

Hadir pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP diantaranya Danlanud Adisucipto, Danlanal DIY, Karo Ops Polda DIY, para Kasi Korem 072/Pamungkas, para Dandim Jajaran Korem 072/Pamungkas, para Satdisjan Korem 072/Pamungkas serta para Pejabat dari Polda DIY.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gelar Pasukan Pengamanan VVIP RI-I Ke Yogyakarta