TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kapolri : Perkuat Sinergitas TNI Polri Dalam Memecahkan Persoalan Bangsa

By 05 Dec 2014 02:20Dinas Penerangan
1

“TNI Polri harus sinergi dan bekerjasama untuk memecahkan berbagai permasalahan Bangsa, sesuai fungsi dan kewenangan masing-masing” untuk mendukung setiap kebijakan pemerintah”.

Hal tersebut disampaikan disampaikan Kapolri, Jenderal Pol Drs. Sutarman saat menyampaikan ceramahnya dengan tema TNI Polri Bersama Mewujudkan Tujuan Negara di depan peserta Apel Danrem Dandim Terpusat 2014 bertempat di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, Kamis (4/12).

Dalam ceramahnya Kapolri mengajak seluruh peserta apel Danrem Dandim untuk menyamakan persepsi dalam mendukung kebijakan pemerintah. Menurutnya “penyamaan persepsi ini berkaitan dengan bagaimana TNI Polri bisa mengawal kebijakan pemerintah yang telah dibuat, dan bersinergi serta saling memperkuat untuk mengatasi persoalan yang ada termasuk juga kepada seluruh kementerian dan lembaga terkait”.

Lebih lanjut dikatakan Kapolri para Komandan Kodim memiliki network sampai dengan ke kelurahan dan itu bisa digunakan untuk kepentingan seluruh bangsa ini untuk menciptakan kedamaian diwilayah masing-masing, sehingga dengan kondisi damai ini para pemangku kepentingan untuk bisa membangun daerahnya dengan baik maka disitulah akan memunculkan kesejahteraan bagi masyarakat daerah, “inilah yang selama ini kita sendiri-sendiri, yang penting aman, Bukan itu,” imbuh Kapolri.

Lebih lanjut Kapolri menyampaikan dalam rangka mendukung program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah, bila ada hal-hal yang dilakukan diluar aturan atau illegal agar kita ingatkan bersama dan kalau tidak mau diingatkan harus dilakukan melalui tindakan hukum. Polri tidak akan mampu untuk mengawasi seluruh jengkal tanah negara ini sendiri. Untuk itu Kapolri meminta kekuatan yang ada disatukan untuk saling mendukung, saling membantu dan saling memperkuat, bukan saling melemahkan.

Dalam akhir ceramahnya, TNI Polri sebagai stabilisator dan penggerak utama dalam menjaga agar tidak terjadi instabilitas dan konflik sosial yang ada di wilayah, Kapolri mengajak kepada seluruh anggota TNI dan Polri agar dapat bersama-sama mengendalikan bila terjadi situasi konflik sosial. Hal tersebut harus dimulai dari intitusi TNI Polri seperti kejadian ketersinggungan anggota TNI Polri di tingkat bawah karena masalah sepele akhirnya berantem, itulah yang harus bersama-sama dikendalikan karena akan melemahkan negara dan melemahkan diantara kedua institusi TNI Polri, ungkapnya.

Ceramah Kapolri dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan 325 orang peserta apel Danrem dan Dandim dari seluruh indonesia. Sementara itu kegiatan Apel Danrem Dandim di hari ke 3 diisi dengan ceramah dari beberapa pejabat kementerian diantaranya kementerian pertahanan, kementerian ESDM.(Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kapolri : Perkuat Sinergitas TNI Polri Dalam Memecahkan Persoalan Bangsa