TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASAD : KONTINGEN GARUDA ADALAH DUTA BANGSA

By 09 Dec 2014 02:31Dinas Penerangan
NST_4001

Sebagai pasukan penjaga perdamaian dibawah bendera Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Kontingen Garuda (KONGA) bukan saja sebagai pasukan penjaga perdamaian di negara yang sedang dilanda konfik, tetapi juga sebagai duta bangsa Indonesia, baik sebagai duta perdamaian maupun sebagai duta bangsa dalam memperkenalkan keragaman budaya bangsa Indonesia.

Hal terasebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam pengarahannya dihadapan 753 Personil TNI Angkatan Darat yang tergabung dalam Kontingen Garuda UNIFIL yang akan bertugas di Libanon dalam waktu dekat.

Dikatakan Kasad, Peran dan keberhasilan TNI khususnya Angkatan Darat dalam menjaga perdamaian dunia seperti tertuang dalam pembuakaan UUD 1945 telah terbukti diakui oleh dunia Internasional, oleh sebab itu, kepercayaan yang diberikan kepada TNI jangan dinodai oleh oknum prajurit yang akan merusak nama baik bangsa Indonesia di mata dunia.

Kasad meminta kepada seluruh Prajurit yang bertugas untuk selalu mentaati Prosedur Standar Operasional (SOP) yang menjadi keharusan bagi seluruh personil yang bertugas di UNIFIL maupun satuan tugas lainnya dibawah bendera PBB. Kasad menegaskan akan memberikan sanksi terhadap Prajurit yang melakukan pelanggaran di daerah penugasan dengan mengganti prajurit yang melanggar aturan dengan personil lainnya.

“Patuhi aturan dan SOP yang telah menjadi ketentuan, hormati kearifan lokal yang dimiliki negara yang kalian datangi, rebut hati dan pikiran mereka, maka kalian akan di hormati dan disegani oleh masyarakat di negara yang kalian jaga dan juga disegani oleh tentara-tentara dari negara lain” tegas Kasad.

Ditambahkan Kasad, orientasi keberhasilan tugas harus selalu menjadi hal utama yang harus ditanamkan dalam hati dan pikiran setiap prajurit, karena bila tugas dapat dilaksanakan dengan berhasil maka akan didapatkan hasil yang gemilang yang menjadi kebanggan pribadi, keluarga, Kesatuan maupun bangsa Indonesia.

Kontingan Garuda yang akan bertugas di bawah bendera UNIFIL di Komandani oleh Kolonel Infanteri. Danny Koswara membawahi satuan tugas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU), Sector East Military Police Unit (SEMPU), Military Community Outreach Unit (MCOU), dan Force Protection Control ( FPC). (deddy/dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASAD : KONTINGEN GARUDA ADALAH DUTA BANGSA