TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad Menghadiri Natal Bersama Pangdam XVII/ Cendrawasih dengan Masyarakat di Papua

By 26 Dec 2014 00:37Dinas Penerangan
Kasad saat bersama ketua suku dan anak-anak pejuang Papera di Wamena, saat menghadiri perayaan natal di Papua

Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menghadiri acara Natal bersama Pangdam XVII/Cen dengan prajurit dan masyarakat Papua di Wamena (25/12/2014).  Kedatangan Kasad Di Wamena disambut tarian adat penerimaan unsur Muspida Kabupaten Jaya Wijaya. Kasad beserta rombongan menuju gedung Ukhumiarek Asso untuk mengikuti acara open house yang dihadiri oleh para prajurit, para tokoh masyarakat para kepala suku masyarakat setempat.  Pada acara Natal tersebut  digelar pasar murah untuk masyarakat dengan menyiapkan 8000 paket sembako.

Kunjungan Kasad untuk merayakan Natal di Papua bertujuan untuk melihat dari dekat dan ikut merayakan kegembiraan prajurit  dan masyarakat di pedalaman Papua. Di hari baik ini diharapkan akan terwujud kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kehidupan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera dengan suasana persaudaraan sejati dalam kasih Tuhan Yang Maha Kuasa.  Kedamaian tentunya tidak hanya didapatkan oleh umat Kristiani tapi juga menjadi dambaan seluruh umat manusia.

Selain acara Natal bersama Kodam XVII/Cenderawasih akan menyelenggarakan pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AD.  Pameran akan digelar mulai 26 s.d 28 Desember 2014 bertempat di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua di Jayapura.  Ppameran alutsista di Papua  tidak selengkap seperti pameran alutsista yang digelar di Jakarta. Kita berharap hal itu tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk hadir di acara pameran tersebut. Pameran terbuka untuk umum dan gratis, sehingga masyarakat Papua dapat menikmati pameran tersebut. Pameran tersebut digelar untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang diterima sekaligus menjawab permintaan masyarakat yang ingin melihat secara langsung persenjataan TNI AD.

Sementara itu Kolonel Inf Frengky Riupassa selaku Ketua Panitia Penyelenggara Pameran Alutsista di Papua mengatakan, seluruh personel dan materiil telah disiapkan guna mendukung kelancaran dalam pelaksanaan pameran Alutsista TNI AD TA. 2014.  Prajurit Kodam sudah menyiapkan segala keperluan mulai dari pendirian tenda-tenda VIP, tenda-tenda Stan dan penempatan personel maupun materiil.

Alutsista TNI AD sebagian didatangkan langsung dari berbagai satuan yang ada di Jakarta dan Surabaya. Adapun Alutsista TNI AD yang akan dipamerkan terdiri dari Helly Bell, Unit Mobil Jihandak, SPM Pengawalan Taktis Polisi Militer, Ambulance militer, Mobil Sentral komunikasi  Perhubungan TNI AD, Mobil Taktis Raider Yonif 751/R/BS, Alat berat Zipur 10/KYD, Alutsista TNI AL, AU, Polri dan SAR, Kendaraan Komodo, Kendaraan Paksi, Unit Anoa, Tank Scorpion, Meriam 105/KH 178, Panser Tarantula dan jenis senjata lainnya.

Tujuan diadakannya gelar pameran Alutsista TNI AD ini adalah untuk mengenalkan jenis-jenis peralatan tempur yang dimiliki TNI AD guna melaksanakan tugas untuk mempertahankan wilayah NKRI dari ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri.  Selain itu juga untuk memperkuat kerjasama antara TNI AD dengan masyarakat sebagaimana tema yang diambil dalam pameran Alutsista TNI AD TA. 2014 adalah “Bersama Rakyat Kodam XVII/Cenderawasih Kuat, Bersama Kodam XVII/Cenderawasih Damai dan Sejahtera”, pungkas Ketua Panitia Penyelenggara Pameran Alutsista.

Dengan itu semua, masyarakat yakin dan akan merasa aman dengan adanya Alutsista dan personel TNI AD yang telah siap sedia untuk mempertahankan wilayah NKRI. Ini semua adalah milik rakyat Indonesia sehingga rakyat Indonesia pun harus tahu apa saja yang dimiliki oleh bangsa Indonesia guna mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Perlu diketahui pula bahwa selain pameran Alutsista TNI AD, Kodam XVII/Cenderawasih juga menyediakan Hotspot Area dan cetak photo gratis bagi masyarakat yang berkunjung dan fasilitas lain yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung pameran Alutsista TNI AD tersebut. Dengan adanya pameran Alutsista tersebut, diharapkan kepada seluruh masyarakat Papua untuk menghadiri pameran tersebut agar bisa menyaksikan secara langsung alat persenjataan yang dimiliki oleh Angkatan Darat. Selain itu kepada seluruh masyarakat Papua diharapkan bisa mengetahui secara langsung spesifikasi dan kegunaan dari masing-masing jenis persenjataan yang dimiliki TNI AD. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad Menghadiri Natal Bersama Pangdam XVII/ Cendrawasih dengan Masyarakat di Papua