TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KEGIATAN HARI MENANAM POHON INDONESIA (HPMI) DANBULAN MENANAM NASIONAL (BMI) SATUAN PERHUBUNGAN KOSTRAD

By 08 Dec 2014 19:20Kostrad
hub kostrad tanam pohon 8-12-14.jpg 1

Satuan Perhubungan Kostrad ikut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) dan Bulan Menanam Nasional (BMI) yang ditandai dengan penyerahan bibit pohon kepada perwakilan tiap-tiap Detasemen dan penanaman pohon secara simbolis oleh Kepala Hub Kostrad Kolonel I Made Agung Ambara, S.T. pada hari Jumat tanggal 28 Nopember 2014. Kegiatan yang dilaksanakan di Markas Perhubungan Kostrad Jl. Cimandala Raya Ciluar Bogor ini didukung oleh Paguyuban Budiasi dengan memberikan bibit pohon berupa bibit pohon produktif/ buah dan bibit pohon kayu keras sebanyak 400 buah. Paguyuban yang didirikan oleh mantan Komandan Korem 061/Surya Kencana  yang sekarang menjabat Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal TNI Doni Munardo ini berpusat di Desa Kadumanggu, Babakan Madang Bogor.

Pada kegiatan HPMI dan BMI ini diawali dengan kegiatan apel pagi yang diambil langsung oleh Kepala Hub Kostrad dan diikuti oleh seluruh prajurit. Dalam perhatiannya kepala Hub Kostrad menyampaikan bahwa kita harus turut dalam berpartisipasi secara aktif dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) dan Bulan Menanam Nasional (BMI). Rencananya satuan Perhubungan Kostrad akan menanam paling sedikit 2000 pohon pada Bulan Menanam Nasional tahun 2014. Selain itu Kepala Hub Kostrad juga menginstruksikan kepada seluruh Prajurit untuk mengisi setiap lahan kosong agar diisi dengan tanaman, jadi tidak ada sejengkal tanahpun yang tidak bermanfaat. Seperti pencanangan Kementrian Kehutanan One man one tree demikian disampaikan agar setiap prajurit  menanam paling sedikit satu pohon untuk satu orang jadi apabila dari keluarga prajurit  terdapat empat orang berarti harus ada empat bibit pohon yang harus ditanam.

Obyek penanaman pohon adalah di lahan-lahan kosong satuan, termasuk diantaranya daerah aliran sungai di belakang satuan yang mengarah ke sungai Ciliwung. Kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan mulai tahun 2008 ini sudah menampakkan hasilnya, disamping sebagai peneduh satuan juga ada buah-buahan yang sudah beberapa kali diambil hasilnya seperti buah rambutan, kelengkeng, mangga dll. Yang terpenting dalam program penanaman pohon ini adalah adanya penyerapan karbondioksida oleh setiap pohonnya seperti contoh pohon Trembesi yang mampu menyerap 28,5 ton Karbondioksida perpohon pertahunnya yang juga memegang peranan penting untuk menyimpan air dan menjaga kesuburan tanah. Demikian satuan Hub Kostrad ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HPMI) dan Bulan Menanam Nasional (BMI).

Oleh : Mayor Chb M. Yusuf Krisna ( Kasi Pernika Hub Kostrad )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KEGIATAN HARI MENANAM POHON INDONESIA (HPMI) DANBULAN MENANAM NASIONAL (BMI) SATUAN PERHUBUNGAN KOSTRAD