TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM I/BB MEMERANGI NARKOBA

By 31 Dec 2014 03:01Kodam I/Bukit Barisan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. Pimpin Acara Paparan Asintel Kasdam I/BB Tentang Anggota Yang Terlibat Narkoba di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (30/12).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. mengatakan berdasarkan data pelanggaran narkoba memperlihatkan peningkatan yang cukup tinggi, pada Tahun 2013 tercatat 59% meningkat menjadi 71% pada Tahun 2014. Data ini cukup menjadi alasan untuk menggambarkan bahwa prajurit sedang berada dalam bahaya yang dapat mengancam satuan-satuan di jajaran Kodam I/BB. Yang lebih memprihatinkan lagi prajurit-prajurit yang melakukan pelanggaran narkoba bukan hanya sekedar pemakai, tapi sudah terindikasi memiliki jaring peredaran narkoba. Sebagai aparat yang seharusnya menjadi garda terdepan untuk mencegah peredaran narkoba, malahan menjadi pelaku atau aktor untuk mengedarkannya. Hal ini jika dihadapkan dengan sangsi hukum tentu akan menjadi berat seperti yang diatur dalam pasal 115, pasal 120 dan Pasal 125 undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Lebih lanjut pada kesempatan ini, Asintel Kasdam I/BB Letnan Kolonel Inf Achmad Solihin memaparkan tentang anggota yang terlibat narkoba. Untuk itu, diharapkan kepada para Dansat dan prajurit yang hadir agar memperhatikan secara sungguh-sungguh. Sehingga kegiatan ini dapat mengeliminir dan menurunkan angka pelanggaran narkoba pada masa yang akan datang. Bagi prajurit sudah terindikasi menggunakan dan mengedarkan narkoba, agar mengikuti proses hukum yang berlaku, jika dijatuhi sangsi hukum maka terimalah sebagai konsekuensi untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang dilakukan. Mudah-mudahan dengan hukuman yang diberikan dapat menumbuhkan kesadaran untuk kembali kejalan yang benar, tidak lagi menggunakan apalagi mengedarkannya. Kepada para Dansat yang anggotanya terlibat melakukan yang pelanggaran narkoba agar melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini adalah komitmen Kodam I/BB untuk memerangi narkoba.

Asintel Kasdam I/BB Letnan Kolonel Inf Achmad Solihin mengatakan penyalahgunaan narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan dan cenderung semakin meningkat serta merupakan masalah bersama, sehingga memerlukan suatu strategi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk wilayah Kodam I/BB untuk mencegahnya. Berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor STR/1075/2014 Tanggal 17-12-2014 tentang penekanan bahaya narkoba. Diharapkan para Dansat dapat menekankan anggotanya untuk tidak menggunakan, menguasai, membawa, memiliki, mengedarkan, memproduksi narkoba, melaksanakan pemeriksaan urine secara periodik terhadap anggotanya serta koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) / Badan Narkotika Nasional Kota dan Kabupaten / Kesdam / Kesyah didaerahnya, personel yang terbukti tertangkap/proses hukum terlibat narkoba maka personel/keluarganya tersebut dalam waktu 1×24 jam keluar dari rumah dinas/asrama militer, Dansat fasilitasi proses pindah dengan siapkan akomodasi/penampungan sementara paling lama 30 hari selebihnya menjadi tanggung jawab personel yang bersangkutan, Pemecatan Dengan Tidak Hormat (PDTH) pelaku melalui mekanisme administrasi terhadap anggota TNI AD yang dijatuhi pidana tambahan pecat karena terbukti terlibat narkoba, kawal proses hukum anggota yang diduga menggunakan, menguasai, membawa, memiliki, mengedarkan, memproduksi narkoba mulai dari penyidikan, penuntutan hingga putusan pengadilan guna cegah terjadi rekayasa kasus.

Hadir dalam acara tersebut Para Sahli Pangdam I/BB, Irdam I/BB, Para Danrem Kodam I/BB, Danrindam I/BB, Danbrigif 7/RR, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Dandim/Danyon Sewilayah Kodam I/BB.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM I/BB MEMERANGI NARKOBA