TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM II/SWJ GELAR LATIHAN TAKTIS BTP YONIF 144/JY

By 05 Dec 2014 05:23Kodam II/Sriwijaya
3 (3)

Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit dan satuan yang diorganisir sebagai Batalyon Tim Pertempuran (BTP) dalam tugas-tugas operasi dengan memadukan kerjasama antar kecabangan dalam melaksanakan operasi lawan insurjensi, Kodam II / Swj selama 1 minggu, mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 Desember 2014, menggelar Latihan Puncak BTP Yonif 144/JY TA. 2014 bertempat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Omiba Kompleks – Baturaja – OKU.

Skenario latihan BTP ini dilator belakangi oleh perkembangan situasi keamanan nasional dalam beberapa decade terakhir yang banyak diwarnai oleh munculnya konflik vertical dan horisontal. Separatisme di beberapa daerah masih menjadi isu keamanan baik dalam bentuk gerakan separatis politik mau pun gerakan Radikal ISIS. Kelompok Radikal ISIS, diskenariokan melaksanakan kegiatan intimidasi dan teror terhadap kelompok dan tokoh masyarakat di wilayah Kab. Baturajadan Kab.Martapurayang tidak mendukung dan menentang gerakannya.

Oleh sebab itu, dalam rangka melaksanakan operasi lawan insurjensi secara optimal, dibentuk BTP sebagai kekuatan gabungan dengan dibantu Satgaster dan Intel melaksanakan kegiatan pemisahan, penggiringan, lokalisir dan penghancuran terhadap kelompok insurjen yang berada di wilayah Baturaja.

Latihan BTP Yonif 144/JY yang mengusung tema :“Batalyon Tim Pertempuran melaksanakan operasi lawan insurjensi di wilayah dalam rangka operasi militer selain perang”, diikuti oleh 971 prajurit sebagai pelaku yang berasal dari berbagai kecabangan / kesatuan jajaran Kodam II/Swj.

Urgensi latihan antara lain adalah untuk meningkatkan kesiapan operasional satuan BTP yang terdiri dari Batalyon Infanteri, diperkuat unsur-unsur kecabangan lain dengan menguji kesiapan personel, alat peralatan, piranti lunak dan prosedur dihadapkan dengan pelaksanaan tugas melawan insurjensi di daerah pemukiman.

Sedangkan, sasaran yang ingin dicapai dalam latihan puncak BTP dengan metode drill tempur ini adalah agar prajurit Yonif 144/JY beserta perkuatannya mampu merencanakan dan melaksanakan operasi serta Komando pengendalian operasi, mampu mengorganisir dan memadukan kekuatan unsur Satpur, Banpur dan Satbanmin dalam operasi; dan mampu menerapkan dan memadukan aspek tempur, intelijen, teritorial dan administrasi serta mampu melaksanakan kerja sama antar kecabangan dalam mendukung pelaksanaan operasi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM II/SWJ GELAR LATIHAN TAKTIS BTP YONIF 144/JY