TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM II/SWJ TAMPILKAN DRAMA KOLOSAL PERTEMPURAN 5 HARI 5 MALAM

By 08 Dec 2014 17:22Kodam II/Sriwijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Kodam II/Swj akan menggelar drama kolosal “pertempuran 5 hari 5 malam” pada puncak peringatan Hari Juang Kartika ke-69 tahun 2014 yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2014 mendatang, bertempat di lapangan Garuda Sriwijaya Jasdam II/Swj Km 9 Palembang. Menurut Kapendam II/Swj Kolonel Inf Afianto bahwa pementasan drama kolosal, selain untuk memperingati Hari Juang Kartika TNI AD, juga dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan rakyat Palembang dalam mengusir penjajah Belanda dari bumi Sriwijaya dan sekaligus sebagai upaya memelihara dan melestarikan nilai-nilai kejuangan dan patriotisme masyarakat Palembang, khususnya bagi generasi penerus.

Seperti diketahui bahwa pertempuran di kota Palembang terjadi selama 5 hari 5 malam, tanggal 1 sampai dengan 5 Januari 1947, di beberapa tempat bersejarah seperti Simpang Empat RS. Charitas, Sekanak dan Talang Semut. Pementasan drama kolosal ini, sambung Afianto akan melibatkan prajurit Kodam II/Swj beserta keluarga dan masyarakat umum.

Selain itu, dalam rangkaian peringatan Hari Juang Kartika TNI AD, Kodam II/Swj juga akan menggelar berbagai kegiatan bakti sosial dan karya bakti sebagai wujud kepedulian warga Kodam II/Swj kepada masyarakat. Bakti sosial yang rencananya akan digelar pada tanggal 11 Desember 2014 antara lain berupa sunatan massal, pelayanan KB/USG kehamilan, pengobatan umum, pengobatan gigi dan donor darah. Sedangkan untuk kegiatan karya bakti yang melibatkan berbagai komponen masyarakat akan dilaksanakan tanggal 12 Desember 2014 secara tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Sumsel, berupa pembersihan sarana / fasilitas umum, pembersihan sungai, tempat pemakaman umum, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pada puncak peringatan Hari Juang Kartika TNI AD yang akan dilaksanakan di lapangan Garuda Sriwijaya Jasdam II/Swj Km 9 Palembang, selain dilaksanakan upacara militer parade dan defile, serta syukuran dan hiburan juga akan digelar pameran Alutsista.

Dalam pameran Alutsista ini, akan ditampilkan berbagai peralatan tempur yang dimiliki oleh satuan jajaran Kodam II/Swj. Pameran yang akan digelar selama 3 hari berturut-turut dan terbuka untuk masyarakat umum ini, menurut Kapendam II/Swj merupakan bentuk pertanggungjawaban atas anggaran negara yang dialokasikan kepada TNI AD/Kodam II/Swj sekaligus sebagai wujud kesiapan Kodam II/Swj dalam mengemban tugas pokoknya, baik dalam OMP maupun OMSP di wilayah Sumbagsel. Pada saatnya nanti masyarakat dipersilahkan untuk melihat langsung berbagai peralatan Alutsista yang dimiliki oleh Kodam II/Swj, baik Alutsista buatan dalam negeri maupun luar negeri, imbuh Kapendam II/Swj.

Palembang, (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM II/SWJ TAMPILKAN DRAMA KOLOSAL PERTEMPURAN 5 HARI 5 MALAM