TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam IV Menggelar Lomba Paduan Suara Dan Baca Puisi Tingkat SMA

By 25 Dec 2014 01:06Kodam IV/Diponegoro
2412201403

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2014, jajaran Kodam IV/Diponegoro menggelar kegiatan sosial budaya yakni Lomba Paduan Suara dan Baca Puisi tingkat pelajar SMA sederajat. Acara Lomba Paduan Suara dan Baca Puisi Tingkat SMA/Sederajat dibuka oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ibnu Darmawan, Selasa (23/12) pagi di Wisma Perdamaian Semarang.

Bertindak sebagai dewan juri dalam lomba itu, yakni Ibnu Amar, S.Pd (Dosen Unnes), Widodo Broto Sejati, Sn., Msn (pelaku seni di Unnes sekaligus pencipta lagu) dan Irfanda Rizki, Sn., MA (praktisi musik dari ISI Jogja). Adapun peserta paduan suara terdiri atas 9 tim dari masing-masing Korem yang mewakilkan dua tim dan satu tim dari Kodim 0733 BS/Semarang.

Masing–masing tim membawakan dua judul lagu yaitu lagu nasional dan daerah dengan diiringi pemain orgen tunggal. Saat peserta tampil satu persatu sontak membuat suasana di ruangan makin meriah karena mendapat sambutan suara tepuk tangan dari penonton.

Diadakannya lomba paduan suara dan lomba baca puisi ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap upaya pelestarian seni budaya yang sangat bermanfaat dalam rangka membangun karakter generasi muda secara utuh. Sehingga perlu mendapat prioritas pembinaan di tengah gencarnya budaya asing yang saat ini banyak mempengaruhi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara khususnya bagi generasi muda.

“Untuk itu kegiatan seperti ini bisa meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni khususnya di kalangan pelajar terutama untuk memperkaya bakat seni yang dapat memperkuat dan kemandirian di kalangan pelajar,“ tegas Kasdam IV/Diponegoro dalam pembukaan kegiatan tersebut yang membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono.

Hadir juga dalam acara itu yakni dari jajaran pejabat Kodam IV/Diponegoro dan unsur kepolisian.
Asterdamkasdam IV/Diponegoro sekaligus koordinator umum lomba, Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo mengatakan, kegiatan ini selain itu bisa menumbuhkan rasa nasionalisme melalui seni paduan suara lagu nasional dan daerah serta puisi di kalangan pelajar. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang sudah diseleksi dimulai dari tingkat Kodim dan naik ke tingkat Kodam. “Dan akan terus disiapkan jika suatu saat tingkat pusat memintanya,”jelasnya.

Ditambahkan, pihaknya menyiapkan hadiah bagi para pemenang lomba Paduan Suara dan Baca Puisi yakni untuk juara 1 mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 7.500.000 serta piagam penghargaan dari Pangdam IV/Diponegoro, Juara 2 mendapatkan piala dan uang sebesar Rp 5.000.000 dan piagam penghargaan dan juara 3 mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 3.000.000 dan piagam penghargaan. Sedangkan juara 1 untuk lomba baca puisi akan mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000 dan piagam penghargaan dari Pangdam IV/Diponegoro, juara 2 mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000 dan piagam penghargaan dan juara 3 mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 1.000.000 dan piagam penghargaan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam IV Menggelar Lomba Paduan Suara Dan Baca Puisi Tingkat SMA