TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM VI/MLW DAN PEMPROV KALSEL, KALTIM DAN KALTARA JABARKAN PERINTAH JOKOWI “ATASI KRISIS PANGAN”

By 31 Dec 2014 04:06Kodam VI/Mulawarman
20141230b

Balikpapan (30/12). Memantapkan ketahanan pangan Indonesia saat ini dan ke depan menjadi pekerjaan penting dan strategis karena pangan menjadi kebutuhan pokok masyara-kat dari hari ke hari yang jumlahnya terus bertambah.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pada tahun 2014, Indonesia belum dapat mencukupi kebutuhan pangan komoditas tertentu seperti beras, jagung dan kedelai, sehingga sampai saat ini mashi bersandar / mengandalkan pada hasil impor dari negara lain.

Menyikapi hal tersebut di sela-sela kegiatan Apel Danrem dan Dandim se Indonesia yang dilaksa-nakan pada tanggal 2 sampai dengan 5 Desember 2014 bertem-pat di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, Presiden RI Jokowi mencanangkan program swasembada pangan untuk Indonesia 3 tahun kedepan (2017) dengan memerintahkan jajaran TNI-AD untuk membantu Pemerintah daerah di wilayah masing-masing sekaligus mendampingi dan mengawal program peningkatan ketahanan pangan Nasional yang akan segera di gelontorkan pada awal tahun 2015.

Menindaklanjuti perintah Jokowi tersebut, Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. segera beraksi dengan menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Pemprov Kaltim, Kalsel dan Kaltara yang melibatkan segenap stage holder yang terkait seperti Bpk. Prof. Dr. Ir. Rusdiansyah sebagai Pakar Pertanian dari Universitas Mulawarman , para Kepala Dinas Pertanian Provinsi, seluruh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten /Kota se kaltim, Kalsel dan Kaltara serta seluruh Komandan satuan jajaran Kodam VI/Mlw.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Lodewyk Pusung. Masing-masing Kepala Dinas Pertanian Provinsi berserta jajarannya yaitu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dan para Dandim menyampaikan paparan tentang rencana peningkatan produksi pangan menuju swasembada yang disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi / tanya jawab dengan tujuan untuk menyatukan Visi dan Misi serta Persepsi agar didapatkan suatu konsep program ketahanan pangan yang sempurna dan dapat direalisasikan di lapangan.

Konsep tersebut rencananya akan dipaparkan didepan Menteri Pertanian pada tanggal 8 Januari 2015 di Jakarta untuk mendapat keputusan sekaligus rencananya akan dilaksanakan MOU antara Kementrian Pertanian dengan jajaran TNI-AD secara serentak di seluruh Indonesia.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM VI/MLW DAN PEMPROV KALSEL, KALTIM DAN KALTARA JABARKAN PERINTAH JOKOWI “ATASI KRISIS PANGAN”