Kodam XII/Tanjungpura

Korem 102/Panju Panjung Upacara Parade Dalam Rangka Hari Infanteri Tahun 2014

Oleh 22 Des 2014 Tidak ada komentar
Korem 102/Panju Panjung  Upacara Parade Dalam Rangka Hari Infanteri Tahun 2014
#TNIAD 

Jum’at (19/12) Pukul 08.00 Wib Korem 102/Pjg dan jajarannya melaksanakan Upacara Parade Hari Infanteri Tahun 2014 bertempat di Lapangan Yonif 631/Antang Jl. Cilik Riwut Km.6 dipimpin langsung oleh Danrem 102/Pjg Kolonel Kav Sulaiman Agusto, S.IP, MM. Acara tersebut dihadiri oleh, Kasrem 102/Pjg Dandim 1016/Plk, Dan Kabalak Aju Rem, Para Perwira dan Ibu-ibu Persit serta Undangan lainnya.

Dalam sambutan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Mayor Jenderal TNI Hinsa Siburian yang dibacakan oleh Danrem 102/Pjg Kolonel Kav. Sulaiman Agusto, S.IP, MM menyampaikan sebagaimana kita ketahui bahwa hari Infanteri yang kita peringati setiap tanggal 19 Desember adalah hari bersejarah “Ke-Infanteri-an” bagi Krops Infanteri TNI Angkatan Darat, yang diangkat dari peristiwa pada masa perang kemerdekaan indonesia menghadapi agresi militer Belanda ke-II, yang menyerang Maguwo dan Jogjakarta pada tanggal 19 Desember 1948.

Panglima Besar Jenderal Sudirman saat itu sedang sakit, begitu mengetahui adanya agresi Belanda segera mengeluarkan Perintah Kilat Nomor 1/PB/D/48 kepada seluruh jajaran TNI untuk menjalankan rencana yang telah dibuat sebelumnya yaitu perintah siasat Nomor 1/48 tanggal 12 Juni 1948 tentang melaksanakan Perang Gerilya, dimana ketika itu panglima Besar Jenderal Sudirman yang memimpin langsung jalanya perang dan pertempuran di darat dengan berjalan kaki merupakan salah satu ciri Prajurit Infanteri.

Lebih lanjut dikatakan dari peristiwa tanggal 19 Desember 1948 tersebut kita mendapatkan nilai-nilai ketokohan, Patriotisme, Kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, Nilai Kejuangan dan Profesionalisme keprajuritan serta nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Nilai-nilai tersebut harus selalu terpatri dalam jiwa dan terwujud dalam sikap dan tindakan setiap Prajurit Infanteri. Sesuai dengan Bunyi Tema Peringatan Hari Infanteri Tahun 2014 “ Dengan Semangat Yudha Wastu Pramuka Prajurit Infanteri berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas guna meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel