TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KOREM 161/WS GELAR UPACARA DAN SYUKURAN HARI JUANG KARTIKA KE- 69 TAHUN 2014

By 16 Dec 2014 06:55Kodam IX/Udayana
harjuang 2014….

Pada kesempatan yang baik ini , saya ingatkan Pesan Bapak Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa prajurit bukanlah tentara sewaan dan bukan tentara bayaran ,politik tentara adalah politik negara, dan loyalitas tentara hanya untuk kepentingan bangsa dan negara. Dalam konteks tersebut kita maknai bahwa sejak lahir TNI tidak berpolitik praktis, sehingga tidak terkotak-kotak dalam berbagai kepentingan , dan loyalitas TNI adalah loyalitas tegak lurus sesuai jenjang Hierarki mulai pimpinan paling rendah sampai dengan Presiden selaku Panglima Tertinggi TNI, serta wajib bagi TNI untuk mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam menjalankan pembangunan. Demikian amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto selaku Irup pada Upacara Parade Hari Juang Kartika ke- 69 tahun 2014, Senin (15/12) bertempat di lapangan Rumah Jabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Jl El Tari , Kupang,Nusa Tenggara Timur.

Lebih lanjut Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan visi Pemerintah yaitu “ Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong, yaitu pada tanggal 5 Desember 2014, saat pengarahan Presiden RI Ir H. Joko Widodo kepada para Pangkotama, Kabalakpus dan Peserta Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2014 di Pangkalanbun Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan tersebut, dalam rangka mewujudkan swa sembada pangan dalam tiga tahun, Presiden RI instruksikan kepada Kepala Staf Angkatan Darat agar membantu sepenuhnya melalui Pemberdayaan Babinsa beserta seluruh prajurit dan satuan jajaran TNI AD untuk melaksanakan tugas pendampingan dengan jajaran Kementerian Pertanian RI dan Masyarakat Petani di seluruh penjuru Tanah Air, maka kepada para Pangkotama, Kabalakpus dan seluruh Prajurit TNI AD untuk senantiasa memelihara komunikasi sosial dan selalu bersinergi dengan Pemerintah,swasta dan masyarakat guna mensukseskan Program Pemerintah dalam rangka wujudkan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara. Disamping itu juga dengan perguruan tinggi dan para ilmuwan, yang tentunya sejalan dengan Tema Hari Juang Kartika ke 69 Tahun 2014: “ Bersama Rakyat TNI AD Kuat, Bersama TNI AD Rakyat Damai dan Sejahtera”.

Disamping itu juga, Kepala Staf Angkatan Darat juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Pemerintah Pusat,Pemerintah Daerah, Kalangan Pengusaha,Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda. Ormas/OKP, Media Massa dan segenap komponen bangsa yang telah memberikan dukungan, bantuan dan kerjasamanya dengan seluruh satuan jajaran TNI AD dimanapun berada dan bertugas.

Kami menyadari bahwa dalam pelaksanaan tugas dan bersosialisasi dengan masyarakat, masih ada prajurit kami yang khilaf dalam bertutur kata, berbuat dan bertindak sehingga kurang berkenan di hati masyarakat, oleh karena itu pada kesempatan ini perkenankan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya, jelas Kepala Staf Angkatan Darat.

Di akhir amanatnya, Kepala Staf Angkatan Darat mengajak untuk memantapkan Kemanunggalan TNI Rakyat, TNI AD yang maju, modern, dan berkelas dunia dengan berbuat yang terbaik,berani, tulus dan ikhlas serta tetap semangat dalam pelaksanaan tugas.

Tampak Hadir dalam Upacara tersebut,Wakil Gubernur NTT,Kabinda NTT, Danlantamal VII, Dan Lanud Eltari,Dan Brigif 21/Komodo, Sesepuh TNI AD Nusa Tenggara Timur, FKPPI , PPM, Kalangan Pers, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Nusa Tenggara Timur, serta tamu undangan lainnya, Tidak ketinggalan pula, Ibu Ary Achmad Yuliarto Ketua Persit KCK Koorcabrem 161 Wira Sakti PD IX Udayana beserta pengurus, Ibu Ketua Jalasenastri beserta pengurus dan Ibu Ketua Pia Ardhya Gharini beserta pengurus.

Diakhir upacara ditampilkan demontrasi Karate dari Brigif 21/komodo dan Lomba Tarik Tambang gabungan TNI Polri Basarnas dan Satpol PP, serta Pameran Alutsista Brigif 21/Komodo, Den Kesyah 09.04.01 Kupang menampilkan bidang kesehatan, Ajenrem rekrutmen TNI, Den pom permasalahan Hartib, Penegakan Hukum dan Disiplin serta Den Bekang IX-44-01 Kupang yang menampilkan kaporlap dan ransum TNI AD.

Acara Pameran ini sangat menarik perhatian masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya, hal ini dapat di lihat dari berjubelnya masyarakat yang mengunjungi dan menyaksiksikan stand Pameran yang di gelar oleh Korem 161/Wira Sakti beserta jajaran.

Setelah kegiatan Upacara Hari Juang Kartika selesei, kegiatan dilanjutkan dengan Acara Syukuran Hari Juang Kartika ke 69 Tahun 2014 di Aula Serba Guna Korem 161/Wira Sakti yang di tandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto, yang kemudian diserahkan kepada Koptu Frans Tahun anggota Kima Rem 161/Wira Sakti.(penrem 161/ws)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOREM 161/WS GELAR UPACARA DAN SYUKURAN HARI JUANG KARTIKA KE- 69 TAHUN 2014