Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Launching Bedah Kampung Berbasis Masyarakat

Dibaca: 745 Oleh 31 Des 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Danramil 08-Sambirejo Kodim 0725/Sragen Kapten Inf P. Yudo Triwidodo menghadiri kegiatan Lounching Program unggulan Kecamatan Sambirejo berupa Bedah Kampung Berbasis Masyarakat yg disingkat “BEKISSYAR” oleh bupati Sragen Agus Fatchurrahman, SH.MH bertempat di kantor Kecamatan Sambirejo, BEKISSYAR tersebut merupakan gagasan dari Camat Sambirejo Drs. Haryanto bersama Muspika dalam rangka untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat kecamatan Sambirejo,Sragen (30/12).

Program tersebut merupakan kegiatan terpadu dengan mengadakan gerakan sambirejo peduli sesama yg melibatkan Pelajar, perangkat desa maupun PNS dengan mengumpulkan koin setiap harinya sehingga di akhir bulan Desember 2014 bisa terkumpul sekitar 23 juta lebih dan dana tersebut dimanfaatkan untuk bantuan pendidikan, peternakan dan perbaikan rumah warga miskin.

Bahwa Bedah kampung berbeda dengan bedah rumah yang sering dilakukan selama ini, jika bedah rumah hanya merupakan pembanguna fisik rehab rumah tidak layak huni (RTLH), bedah kampung lebih condong pada pembangunan sosial masyarakat untuk aktif gotong royong. Langkah yang ditempuh adalah dengan mengefektifkan peran RT, Kebayanan dan jogoboyo dibidang keamanan dan ketertiban kampung dengan dibentuk dan dikukuhkan Temu Rukun Tetangga, Paguyuban Temu Bayan (Patembayan) dan Paguyuban Temu Jigiboyo (Patemboyo) sehingga kedepan akan dilaksanakan pertemuan rutin setiap bulan untuk membahas dan menyumbangkan pemikiran dalam memajukan masyarakat sambirejo.

Baca juga:  Prajurit TNI di Perbatasan Bangun Rumah Pintar bagi Anak-Anak

Program yang sudah dilaksanakan selama tahun 2014 ini selain bedah rumah yang juga merupakan program unggulan antara lain:  Peningkatan ketrampilan Home Industri, MKRPL, Peternakan, Pertanian dan Penghijauan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sragen juga menandatangani Prasasti peresmian Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Unit Pelayanan Terpadu Kecamatan (UPTK) serta memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu, wali murid miskin dan bantuan honor kepada RT sekecamatan Sambirejo.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel