TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam : “Karya Bakti TNI Skala Besar selain untuk meningkatkan perekonomian juga dapat mempererat hubungan silaturahim antara masyarakat kedua desa”

By 11 Dec 2014 06:50Kodam XVI/Patimura
Tup Karya Bhakti 2

Karya Bakti TNI Skala Besar telah dilaksanakan selama lebih kurang 14 hari dari tanggal 26 November sampai dengan tanggal 10 Desember 2014 dengan sasaran pembangunan fisik dan non fisik di dua desa yaitu Desa Seith dan Desa Negeri lima. Pemilihan kedua tempat tersebut bukan tanpa alasan, sebagaimana yang kita ketahui bahwa kedua desa ini sering terlibat konflik yang cukup lama menyebabkan korban jiwa dan harta benda yang tidak sedikit. Hal tersebut disampaikan Pangdam pada Amanat penutupan Karya Bhakti Skala Besar yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Juwondo.

“Saya berharap dengan adanya Karya Bakti TNI Skala Besar ini, selain dapat meningkatkan perekonomian daerah setempat, juga dapat mempererat hubungan silaturahim antara masyarakat kedua desa tersebut. Kami menyadari, bahwa kegiatan ini tidak sepenuhnya dapat merubah seca-ra keseluruhan wilayah ini, tetapi se-tidaknya dapat menjadi stimulus atau perangsang bagi seluruh komponen masyarakat di dua desa tersebut dan pemerintah daerah setempat untuk bersama-sama selalu menjaga dan membangun wilayah ini secara utuh.

Pembangunan secara utuh yang dimaksud, bukan hanya secara struktural saja tetapi juga secara kultural. Konflik antara desa Seith dengan desa Negeri lima yang sampai saat ini masih terjadi merupakan bukti adanya ketidak seimbangan pembangunan yang kita laksanakan, saya selaku Panglima Kodam, menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat dan pemerintah yang ada disini untuk bersama-sama mempererat kesatuan dan persatuan, jangan mudah terprovokasi oleh hasutan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang akhirnya dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan lingkungan kita.”pungkasnya”.

Lebih lanjut di dalam amanatnya Beliau menyampaikan bahwa hubungan yang telah terjalin antara TNI – Polri dengan masyarakat terus dijaga dan ditingkatkan. Informasikan bila ada oknum-oknum di masyarakat atau oknum aparat pemerintah yang ingin membuat masalah/keributan di wilayah ini. Dengan adanya lapor dini, aparat keamanan dapat mencegah timbulnya persoalan lebih awal. Pada kesempatan tersebut Pangdam selaku penanggung jawab Karya Bakti Skala Basar, mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik. Penutupan Karya Bhakti tersebut diikuti personel TNI-POLRI bersama masyarakat yang bahu-membahu bekerjasama bergotong royong dalam membangun kedua desa. Dan dihadiri oleh seluruh pejabat jajaran Kodam XVI/Pattimura.(Pendam 16)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam : “Karya Bakti TNI Skala Besar selain untuk meningkatkan perekonomian juga dapat mempererat hubungan silaturahim antara masyarakat kedua desa”