TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam : “Satuan yang morilnya rendah adalah satuan yang disiplinnya kurang”

By 29 Dec 2014 18:52Kodam XVI/Patimura
Pengarahan Pangdam 2

Kebijakan pemerintah untuk dapat mengatur peran dan posisi dari setiap institusi-institusi yang bertanggungjawab dalam sistem pertahanan dan keamanan negara, guna mendukung keamanan nasional di dalam kerangka negara demokrasi dilakukan melalui kebijakan pertahanan negara. Kedisiplinan dan etos kerja prajurit semakin lama mulai menurun untuk itu Manfaatkan Minggu Militer sebagai pembangun semangat jiwa korsa. Setelah itu Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal TNI Moeldoko menggelar rapat pimpinan ditempat yang sama. Beberapa isu dibahas dalam rapat dengan sejumlah kepala staf angkatan itu, terutama tentang kedisiplinan prajurit yang semakin merosot, salah satu pendekatan untuk membenahi kedisiplinan prajurit dengan memperbaiki kesejahteraan, baik berupa penggajian maupun kompensasi, serta kesehatan dan  Permildas perlu ditegakkan kembali.

Menindaklanjuti instruksi dari Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI pada pertemuan dengan para perwira tinggi TNI Mabes Cilangkap beberapa waktu yang lalu. Mayjen TNI Meris Wiryadi mengumpulkan seluruh personil yang ada di jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Pada kesempatan tersebut Pangdam menekankan kembali tentang kedisiplinan prajurit yang disampaikan Menhan dan pimpinan tertinggi TNI tersebut. Pangdam akan menegakkan lagi disiplin prajurit dengan menitikberatkan pada pelaksanaan peraturan militer dasar (permildas)”Kita kembalikan permildas seperti dulu lagi, TNI sekarang mau dibawa kemana, reformasi, Ham semua itu sudah diatur dalam permildas jadi kita tidak usah takut lagi ”tegasnya”, inilah yang menjadi menurunya etos kerja maupun disiplin prajurit.

Menurutnya Tentara tidak boleh tercabik-cabik oleh kelompok-kelompok apapun, masing-masing Komandan satuan peduli kepada bawahan, segala bentuk permasalahan harus segera diselesaikan, satuan yang morilnya rendah adalah satuan yang disiplinnya kurang. Saya menyadari bahwa semua ini tidak diperhatikannya kesejahteraan prajurit, kita tentara rakyat jangan terpengaruh isu-isu apapun yang bertujuan untuk memecah belah TNI, hindari permasalahan dengan masyarakat maupun pihak Kepolisian.”Saya sebagai penanggung jawab di Kodam ini, kita satukan tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab demi kemajuan rakyat yang adil dan makmur.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam : “Satuan yang morilnya rendah adalah satuan yang disiplinnya kurang”