TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM V/BRW AJAK TOGA,TODA,TOMAS LESTARIKAN NILAI-NILAI BANGSA

By 11 Dec 2014 06:08Kodam V/Brawijaya
KASDIVIF 2K KOL INF AGUS.S MENYERAHKAN CINDERA MATA KEPADA PARA NARA SUMBER1

Malang, Rabu (10/12) Pangdam V/Brawijaya membuka acara sarasehan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika 2014, di Dodik Belanegara Rindam V/Brawijaya.

Bersama seluruh Komandan Satuan jajaran Kodam V/Brawijaya dan Divisi 2/Kostrad serta 300 peserta sarasehan dari tokoh masyarakat (TOMAS), Tokoh Pemuda (TOGA), Tokoh Agama (TODA). Tema sarasehan kali ini “ Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam perkokoh Keutuhan dan Kedaulatan NKRI” yang akan disampaikan oleh Naras sumber Prof. Dr. Muhajir Effendy, MAP Rektor Unmuh Malang dan Prof. Dr. Hariyono, M.Pd Dekan Sejarah Universitas Negeri Malang dan Moderator Prof. Dr. Anwar Sanusi SE, M.Si (Rektor Unmer). Kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan nilai-nilai perjuangan bangsa, utamanya nilai-nilai dasar wawasan kebangsaan karena langkah seperti ini sangat penting. Kemajuan bangsa dalam wujud apapun tidak boleh menjadikan kita kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia, globalisasi dan reformasi yang sarat dengan semangat perubahan, tidak boleh melunturkan pemahaman generasi penerus bangsa tentang nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila dan UUD RI 1945, NKRI dan Sesanti BhinekaTunggal Ika.

Dengan situasi dan kondisi saat ini TNI Angkatan Darat bertekad untuk bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya untuk terus menggelorakan gerakan cinta tanah air, serta semangat untuk menyukseskan pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa melalui berbagai bentuk pengabdian nyata yang selalu berpegang teguh pada jati dirinya sebagai prajurit rakyat, yang diwujudkan dalam bentuk sikap dan perilaku, “ selalu baik dan selalu bersama-sama dengan rakyat ”, bersama rakyat TNI kuat dan bersama TNI rakyat kuat.

Akhir sarahsehan dapat disimpulkan bahwa belum optimalnya pembentukan karakter bangsa, kurangnya keteladanan pemimpin , lemahnya budaya patuh, cepat menyerap budaya global yang negatif dan belum mampu menyerap budaya global yang belum sesuai dengan budaya kita, tidak meratanya kondisi sosial, kurangnya menghargai bagi anak bangsa yang berprestasi, serta system pendidikan yang belum terintegritas dalam penyerapan wawasan kebangsaan, ketujuh kesimpulan ini perlu kita perbaiki bersama-sama agar tujuan untuk Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam perkokoh Keutuhan dan Kedaulatan NKRI dapat terwujud.

Kegiatan berakhir dengan Tanya jawab dan penyerahan cinderamata kepada para nara sumber oleh Kepala Staf Divisi-2/Kostrad Kolonel Inf Agus .S
Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Komandan Satuan/Kabalak jajaran Kodam V/Brawijaya dan jajaran Divisi-2/Kostrad. (Penrem 083/Bdj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM V/BRW AJAK TOGA,TODA,TOMAS LESTARIKAN NILAI-NILAI BANGSA