TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Kodim 0705/Magelang Laksanakan Latihan Yong Moodo

By 08 Dec 2014 00:16Kodam IV/Diponegoro
0512201407 (1)

Yong Moodo merupakan bela diri militer yang wajib diikuti oleh seluruh prajurit di jajaran TNI Angkatan Darat. Tak terkecuali bagi prajurit Kodim 0705/Magelang.

Dengan dasar itulah Kodim Magelang menyelanggarakan dan menggelar latihan bela diri berseragam hijau tersebut bagi seluruh anggota Kodim dan Koramil di jajarannya.

Walaupun mayoritas peserta latihan usianya sudah tidak muda lagi, namun semangatnya masih cukup membanggakan. Untuk menguasai materi bela diri yong moodo bukanlah hal yang mudah, selain faktor usia yang rata – rata sudah diatas 40 tahun kesulitan juga dirasakan pada aba-aba yang menggunakan Bahasa Korea.

Untuk memudahkan pengendalian dan pengawasan latihan Kodim membagi mejadi 4 tempat latihan. Setiap sektor latihan ditangani oleh dua orang pelatih. Pelatihnya merupakan personel Kodim yang sebelumya sudah dilatih terlebih dahulu di Korem 072/PMK. Anggota Koramil Windusari, Secang, Grabak, Ngablak, Pakis, Tegalrejo dan Candimulyo masuk sektor I, dengan tempat latihan di Secang.

Sektor II terdiri dari Koramil Kaliangkrik, Bandongan, Mertoyudan, Borobudur, Salaman, Kajoran dan Tempuran, latian bertempat di Koramil Tempuran. Sektor III yang berada di wilayah timur diisi oleh personel Koramil Sawangan, Mungkid, Muntilan, Dukun, Srumbung, Salam dan Ngluwar. Muntilan dipilih sebagai tempat latihannya.

Makodim merupakan home base latihan Yong Moodo sektor IV. Koramil Magelang Utara, Magelang Tengah, Magelang Selatan, Unit Intel dan Staf Kodim merupakan peserta latihan di sektor IV.

Kapten Arm M Pitoyo, Pasiops Kodim 0705 Magelapng menekankan kepada seluruh koordinator di tiap sektor harus bertanggung jawab. Sehingga di masa mendatang apabila ada ujian kenaikan tingkat para prajurit sudah mampu melaksanakan dengan baik dan benar.

“Kalian laksanakan latihan dengan semangat dan sungguh – sungguh, ikuti apa yang diarahkan oleh pelatih, karena yong moodo ini akan menjadi salah satu unsur persyaratan UKP, namun faktor keamanan harus diutamakan”, demikian yang ditekankan Kapten Arm Pitoyo saat mengunjungi latihan Yong Moodo di Lapangan Desa Tanggulrejo, Tempuran, Kamis (04/12).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Kodim 0705/Magelang Laksanakan Latihan Yong Moodo