TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PRAJURIT MAKODAM II/SWJ LATIHAN MENEMBAK

By 05 Dec 2014 05:21Kodam II/Sriwijaya
DSC05945

Door…door…door, itulah rentetan bunyi tembakan senjata api yang keluar dari moncong senapan prajurit Kodam II/Swj. Secara bergantian dan dibagi per gelombang, para prajurit Kodam II/Swj melaksanakan latihan menembak dengan sasaran lesan yang ada didepannya masing-masing. Para prajurit Nampak serius dan konsentrasi melaksanakan latihan menembak, dengan nabitepi (nafas, bidikan, tekanpicu). Sementara para pelatih menembak sibuk memberikan instruksi dan arahan, agar latihan menembak yang rutin dilaksanakan setiap triwulan dengan menggunakan peluru tajam tersebut berlangsung dengan aman dan lancar.

Itulah sedikit gambaran suasana latihan menembak senjata ringan Triwulan IV TA.2014, di lapangan Yonif 200/Raider Serong, Palembang. Latihan menembak tersebut merupakanu paya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit makodam II/Swj sebagai bagian alat negara di bidang pertahanan. Latihan menembak yang berlangsung selama 2 hari, tanggal 3 dan 4 Desember 2014 tersebut diikuti oleh segenap prajurit dan satuan Badan Pelaksana di lingkunganMakodam II/Swj.

Kapendam II/Swj Kolonel Inf Afianto mengatakan bahwa menembak senjata ringan merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit. Oleh karenanya, kemampuan menembak ini harus terus dipelihara dan ditingkatkan kemampuannya dari waktu kewaktu, serta menjadi kebutuhan bagi setiap prajurit, sehingga setiap prajurit benar-benar terlatih, mahir dan profesional. Selain itu, sambung Afianto latihan ini juga merupakan wujud pertanggung jawaban terhadap anggaran yang diberikan kepada satuan TNI AD.

Latihan menembak yang diikuti oleh semua golongan kepang katan baik Perwira, Bintara maupun Tamtama tersebut meliputi latihan menembak pistol, khusus untuk Perwira dan latihan menembak senapan panjang M16 A1 untuk seluruh prajurit.

Pelaksanaan latihan menembak pistol dengan jarak 25 meter dilaksanakan dengan sikap berdiri dua tangan, 2 butir peluru tembakan koreksi dan 10 butir peluru tembakan penilaian. Sementara, untuk menembak senapan panjang M16 A1 dengan jarak 100 meter, dilaksanakan dengan sikap tiarap, 3 butir peluru tembakan koreksi dan 10 butir peluru tembakan penilaian.

Secara umum, prajurit Makodam II/Swj mampu mencapai target, minimal 60% tembakan masuk lesan/ sasaran.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PRAJURIT MAKODAM II/SWJ LATIHAN MENEMBAK