TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Puncak Peringatan HUT Infanteri ke-66 Tahun 2014 di Rindam I/BB

By 22 Dec 2014 15:49Kodam I/Bukit Barisan
tonting1

Setelah melaksanakan gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (Tonting YWPJ) selama 4 hari sejak tanggal 16 hingga 19 Desember 2014 yang menempuh route mulai dari titik start di Makoyonif 126/KC Kisaran dan finish di Rindam I/BB Pematangsiantar, para peserta Pleton Beranting yang terdiri dari Yonif 100/R, Yonif 121/MK, Yonif 122/TS, Yonif 126/KC, Yon Zipur 1/DD, Yon Armed 2/105, Yon Arhanudse 11/BS, Yonkav 6/Serbu dan Brimob/Polri mengikuti upacara peringatan Hari Infanteri ke-66 bertempat di lapangan upacara Rindam I/BB, Jum’at (19/12).

Upacara tersebut berlangsung hikmat dan sederhana ditandai dengan penyerahan simbol-simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya dari peleton beranting etape terakhir kepada Inspektur upacara dan penyerahan buah kelapa muda dari regu prajurit tradisional untuk selanjutnya dibelah dan airnya diminum Inspektur Upacara diiringi tembakan salvo.

Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Mayjen TNI Hinsa Siburian dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P.,M.Si. yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan berbagai keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan korps infanteri hingga saat ini, tidak terlepas dari kebijakan pimpinan TNI Angkatan Darat, dari hasil kerja keras para senior dan buah perjuangan serta pengorbanan para pendahulu dan sesepuh korps infanteri. Untuk itu, atas nama segenap prajurit Korps Infanteri dan selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri saya menyampaikan hormat dan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya. Momentum peringatan hari infanteri ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan introspeksi dan mawas diri, terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan selama ini, sekaligus untuk membulatkan tekad dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas ke depan.

Sesuai dengan tema peringatan HUT Infanteri kali ini “ Dengan semangat Yudha Wastu Pramuka prajurit infanteri berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas guna meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat”. Tema tersebut sesuai dan aktual dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang mencanangkan, pada tahun 2015 TNI Angkatan Darat melaksanakan konsolidasi dan serbuan teritorial, dimana konsolidasi dilakukan untuk memberikan ruang dan waktu peningkatan pembinaan satuan jajaran TNI AD termasuk Satuan Infanteri.

Saya ingin mengingatkan bahwa profesionalisme keprajuritan yang kita bangun harus berdiri kokoh di atas pondasi jati diri prajurit sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional, kita harus meningkatkan semangat, soliditas dan jiwa korsa yang kuat, namun jangan sampai kita terjebak dalam semangat dan emosi jiwa korsa satuan yang sempit dan jangan lupa, kita adalah  bagian dan alat perlengkapan negara sekaligus perekat persatuan dan kesatuan NKRI.

Kapenrem 022/PT Mayor Inf Jhoni Parhusip menjelaskan, disela-sela kegiatan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya, para prajurit melaksanakan berbagai kegiatan sosial di lingkungan masyarakat yang berada di sekitar route yang dilintasi, berupa pembersihan parit, Pengobatan massal dan penanaman pohon di di Lap. SMPN.1 Buntu Pane serta karya bhakti di Lap. Sepak Bola Gedangan Wilayah Kodim 0208/As.

Diakhir kegiatan diserahkan hadiah lomba Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya kepada  : untuk pleton inti, Juara 1 Yonif 100/Raider, juara 2 Yonif 121/MK, juara 3 Yonif 126/KC. Untuk pleton pengantar, juara 1 Zipur I/BB, juara 2 Arhanudse 11, juara 3 Arhanudse 11. Untuk pleton pengantar Non Militer, juara 1 Brimob Subden 2 P.Siantar. kemudian untuk Lomba Komando Kewilayahan keluar sebagai juara Koramil 16/Panetongah Kodim 0207/Sml dan sebagai juara umum Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2014 Yonif 100/Raider.

Hadir dalam upacara tersebut antara lain, Para Asisten Kasdam I/BB, Kabalak Dam I/BB, Danrindam I/BB, Danbrigif 7/RR, Para Dandim, Para Danyonif,  Kasatdisjan, Walikota P.Siantar, Kapolresta P.Siantar, Kapolresta Kab. Simalungun, DankiBrimob Subden 2 P.Siantar, Unsur Muspida Siantar-Simalungun, Para Kasi Korem 022/PT dan Para Pamen/Pama Jajaran Kodam I/BB. (Penrem 022/PT).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Puncak Peringatan HUT Infanteri ke-66 Tahun 2014 di Rindam I/BB