TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sepeda Motor Gas Karya Babinsa Korem 051/WKT

By 18 Dec 2014 19:36Kodam Jaya
Rem 051 motor Gas

Untuk menjawab keresahan masyarakat terkait kenaikan harga BBM bersubsidi. Dengan menggunakan motor gas, masyarakat maupun TNI dapat berhemat hingga empat kali lipat. Korem 051/Wkt dan Korem 052/Wkr mengadakan pelatihan  Motor Gas tentara rakyat dan Kompor babinsa rakyat bertempat di aula Wijayakarta Korem 051/Wkt Jl Niaga raya Cikarang Baru,Bekasi Rabu (17/12).

“Gas 3 Kg bisa digunakan berjarak tempuh 500-600 Km, Kalau dengan menggunakan premium itu sudah 12 liter lebih,” Untuk merakit motor gas, hanya perlu menggantikan karburatornya saja. Untuk waktu perakitannya hanya berkisar antara satu hingga dua jam permotor.

“Tujuan modifikasi sepeda motor sebagai solusi alternatif dalam membantu meringankan beban masyarakat kecil pasca kenaikan harga BBM,” Selain sepeda motor yang dimodifikasi dan diberi nama Motor Gas Tentara Rakyat (Morgantara), juga merakit Kompor Babinsa Rakyat (Kombara) dan Lampu Hemat Energi Tentara Rakyat (Lentera). Kegiatan ini menyasar penggunaan teknologi tepat guna sederhana. Harapannya dapat diterapkan langsung ketika para Babinsa mengaplikasikan ilmunya di lapangan. Kadar gas karbondioksida yang dikeluarkan melalui knalpot motor ini jauh lebih rendah, sekitar 80 persen, jika dibandingkan sepeda motor berbahan bakar bensin. Asap knalpotnya cenderung tidak berwarna atau berbau.

Modifikasi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi sepeda motor berbahan bakar gas elpiji ini diajarkan untuk para Bintara Pembina Desa (Babinsa).Komandan Korem 051/Wkt, Kolonel Inf Rudianto, menyambut baik pelatihan ini. Pada gelombang pertama, baru 84 Babinsa yang dilatih. Selanjutnya, 204 Babinsa lainnya akan dilatih dalam tiga gelombang berikutnya. “Sekarang ini banyak temuan teknologi tepat guna tapi tidak ada sosialisasinya. Padahal teknologi ini sederhana dan dapat digunakan siapa saja, sangat bermanfaat. Melalaui ujung tombak Babinsa, kami akan sosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain membantu warga untuk berhemat, penerapan teknologi tepat guna ini dapat mengurangi kerusakan  lingkungan serta ketergantungan warga terhadap bahan bakar minyak dan listrik negara. Authentikasi : Kapendam Jaya Letnan Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sepeda Motor Gas Karya Babinsa Korem 051/WKT