TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SOSIALISASI UNHAN DI KODAM XVI/PATTIMURA

By 05 Dec 2014 04:56Kodam XVI/Patimura
Sosialisasi Unhan 2

Pa Ahli Pangdam Bid.Mansisneg Kolonel Inf. Adrianus Robert Riry selaku mewakili Pangdam 16/Pattimura, Kamis (04/12) membuka sosialisasi keberadaan Universitas Pertahanan Indonesia atau disingkat Unhan di lingkungan Kementerian Pertahanan (Kemhan) kepada para Perwira dan PNS di lingkungan Kodam 16/Pattimura yang berjumlah sekitar 125 orang ini bertempat di Baileo Slamet Riyadi.

Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Pangdam dan pribadi mengucapkan ”Selamat Datang“ di Kota Ambon kepada Ketua Tim Sosialisasi dan Kampanye Unhan Tahun 2014 dari Unhan, Marsda TNI Suparman Djapri beserta anggota, yang telah meluangkan waktunya untuk datang di Kodam XVI/Pattimura ini. Pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan bahwa, ditengah pesatnya laju perkembangan jaman dan semakin komleksnya tuntutan tugas menuju organisasi militer yang profesional, modern dan berkelas dunia. Perobahan yang paling mendasar adalah merobah cara pikir (mindset), agar lebih mengedepankan ilmu pengetahuan dan tehnologi (knowledge and science) serta manajemen moderen dalam mengelola suatu organisasi. Untuk itu kepada para peserta, saya harapkan dapat mengikuti dengan seksama dan aktif untuk bertanya bila belum jelas, sehingga kegiatan ini dapat menyamakan pola pikir, pola sikap dalam menghadapi tantangan kedepan. Demikian sambutan Pangdam yang disampaikan Pa Ahli Bid.Mansisneg.

Sosialisasi yang wajib diikuti oleh para personil TNI berpangkat Perwira dari Kapten sampai dengan Letkol serta PNS gol III ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang Unhan yang meliputi sejarah berdirinya, visi dan misi, program studi, jurusan bahkan beasiswa ini disampaikan oleh Kolonel Kav. Lasmono Kaprodi Manajemen Bencana MP Unhan

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) atau Indonesia Defense University (IDU) ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 maret 2009 di Istana Negara. Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S2 yang memberi kesempatan bagi para Perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Unhan dicita-citakan menjadi unversitas kelas dunia. Beberapa Universitas luar negeri seperti Cranfield University, National Defense University Amerika Serikat, Rajaratnam School of International Studies Singapura dan beberapa universitas di Australia dan Jerman juga turut aktif mendukung pendirian dan berjalannya proses belajar mengajar di Unhan. Kerjasama diberikan dalam bentuk pengiriman tenaga pengajar, kurikulum, beasiswa dan studi banding. Universitas di dalam negeri seperti UI dan ITB juga aktif mendukung Unhan dengan mengirim sejumlah guru besarnya untuk membantu membangun dan menjalankan proses belajar mengajar di Unhan.

Oleh karena itu, keberadaan Universitas ini juga diharapkan dapat menampung aspirasi dan pemikiran yang terkait dengan hubungan sipil militer yang memadukan pertahanan militer dan non militer secara bersama-sama.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SOSIALISASI UNHAN DI KODAM XVI/PATTIMURA