TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TINGKATKAN PERAN MAHASISWA DALAM SISHANNEG DANREM 082/CPYJ JAJAKI KERJA SAMA DENGAN STIKES MOJOKERTO

By 30 Dec 2014 08:26Kodam V/Brawijaya
DANREM 082 FOTO BERSAMA BEM DAN SENAT MAHASISWA STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO

Mojokerto ( 29/12 ). Sesuai dengan Undang Undang RI nomor 3 tahun 2002 tentang sistem pertahanan negara yang bersifat semesta, dimana dalam UU tersebut dijelaskan bahwa TNI berperan sebagai komponen utama pertahanan, sedangkan segenap sumber daya nasional lainnya berperan sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung. Berkenaan dengan hal tersebut, Danrem 082/CPYJ untuk yang kesekian kalinya melakukan anjang sana keberbagai lingkungan pendidikan di wilayah Mojokerto, dimana kali ini anjang sana dilakukan ke Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( Stikes ) Mojokerto.

Di ruang pertemuan Stikes, Ketua Stikes Dr. Yulianto menyambut dengan ucapan terima kasih dan selamat datang atas kunjungan Danrem beserta rombongan, selanjutnya memperkenalkan para staf pendampingnya, diantaranya adalah Ibu Linda S.Kep. Ns. M.Kes. sebagai Puket-3 yang menangani bidang Kemahasiswaan, Bp. Sutomo S.Kep. Ns. M.Kes, beserta 12 orang staf pengajar, 21 orang Bidan, 6 orang BEM dan 5 orang Senat Kemahasiswaan.

Disamping anjang sana ini bertujuan untuk bersilaturrahmi guna mengenal lebih dekat potensi nasional yang ada di wilayah Mojokerto, juga untuk mengetahui lebih dekat tentang potensi yang dimiliki oleh Stikes Mojokerto sehingga kita dapat memadukan kedua potensi yang dimiliki dan memungkinkan untuk dirintis kerja sama sesuai disiplin ilmu yang kita miliki, selanjutnya diharapkan dapat timbul pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang bersinergi dan terkoordinasi untuk secara sadar berperan aktif dalam bidang pertahanan negara di wilayah, demikian awal sambutan yang disampaikan Danrem 082/CPYJ Kolonel Czi Suparjo kepada Ketua Stikes dengan beberapa stafnya. Danrem juga menambahkan tentang beberapa potensi yang dimiliki Korem 082/CPYJ yang sangat memungkinkan untuk dilaksanakannya kerja sama , diantaranya Korem memiliki Detasemen Kesehatan, DKT, RS. Ibu dan Anak, Detasemen Perbekalan dan Angkutan dan Personel dengan bebagai kemampuan khusus, seperti Jasmanai Militer, Beladiri Militer, Mountenering, dsb.

Selanjutnya tentang penjajakan potensi Stikes sehingga memungkinkan diadakan kerja sama dengan Korem 082/CPYJ, Puket-3 bidang Kemahasiswaan menjelaskan beberapa potensi diantaranya keinginan Mahasiswa untuk mendatangkan pelatih beladiri dari Tentara, Korp Suka Relawan ( KSR ) yang biasa terlibat dalam penanggulan bencana, kelompok pecinta Alam “ Mayapada “ yang ingin mengembangkan potensi Externalnya dan juga keinginannya untuk dilatih oleh Tentara, Krismada ( Kreatifitas Tari dan Seni Mahasiswa Dian Husadha ), Jama’ah Alfatah Mahasiswa Dian Husadha yang bergerak dalam bidang pengembangan spiritual.

Pertemuan yang bersifat anjang sana tersebut berjalan dalam suasana yang penuh keakraban, dan sesekali diselingi dengan beberapa humor oleh Danrem sehingga makin menarik perhatian para peserta dalam pertemuan tersebut, sambil memberikan jawaban atas beberapa potensi yang dimiliki oleh Stikes dimana pada umumnya Danrem akan mendukung sepenuhnya kegiatan – kegiatan yang ada korelasinya dengan tugas-tugas TNI sesuai dengan batas kemampuan satuan. Kemudian menanggapi permasalahan tentang ISIS yang ditanyakan oleh BEM melalui Ketua Stikes, disampaikan oleh Danrem bahwa Mahasiswa tidak perlu merasa khawatir dan gusar, karena segenap aparat terkait sedang menanganinya, namun diharapkan oleh Danrem agar para Mahasiswa tidak hanyut oleh ajakan para anggota ISIS yang berasal dari Indonesia. Selanjutnya pada masa Ospek anggota “ Mayapada “ dan “ KSR “, kami siap memberi tambahan materi tentang kedisiplinan , wawasan kebangsaan maupun tentang kewajiban bela negara.

Demikian pertemuan anjang sana berjalan dengan lancar, aman serta tertib, dan tampak beberapa perwira mendampingi Danrem adalah Kasiterrem Letkol Inf Drs. Warsito, Kasiopsrem Mayor Inf Agus Sudjijanto, Pasibhakti TNI Sterem Mayor Arm M. Muslkh, Pasiintelrem Mayor Inf Wiyono serta Kapenrem Mayor Arm Imam Duhri. Mengakhiri acara, dilaksanakan penyerahan dan pemakaian cindera mata oleh Danrem berupa Jacket Mitra Korem kepada Ketua Stikes Dr. Yulianto, selanjutnya acara berakhir dengan makan siang bersama. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TINGKATKAN PERAN MAHASISWA DALAM SISHANNEG DANREM 082/CPYJ JAJAKI KERJA SAMA DENGAN STIKES MOJOKERTO