Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Yonif 403/Wp dan Kikavser 2 Selamatkan Sandera dari Tawanan Teroris

Dibaca: 5419 Oleh 03 Des 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Batalyon Infanteri (Yonif) 403/Wp bersama Kompi Kavaleri 2/BS, Selasa (02/12) menggelar latihan gabungan simulasi pembebasan sandera di depan Kantor Walikota Yogyakarta. Dalam simulasi itu prajurit TNI itu berhasil membebaskan Wali Kota Yogyakarta yang sebelumnya disandra oleh kelompok teroris.

Sebelumnya Yonif 403/Wp mendapat informasi penyanderaan Wali Kota dan langsung berkordinasi dengan Kikavser 2/BS menyusun strategi untuk melakukan pembebasan tawanan. Satu Pleton Yonif 403 langsung melaksanakan pembebasan dan sejumlah pasukan Kikavser dengan Panser Panhard bergabung menyerbu lokasi penawanan di salah satu ruangan.

Pada operasi penyergapan itu pasukan gabungan Yonif 403 dan Kikavser 2 terpaksa melumpuhkan para tersangka teroris di lokasi, bahkan sempat terjadi kontak senjata. Selanjutnya Dalam waktu kurang dari 10 menit sandera dapat di bebaskan dan dibawa ketempat aman dengan menggunakan mobil dan dikawal 2 panser Panhard.

Simulasi pembebasan sandera teroris yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB itu, ditonton ratusan warga sekitar dan warga yang kebetulan melintas. Simulasi itu diwarnai suara letusan senapan serbu peluru hampa, ditambah asap buatan.

Baca juga:  Dandim 0716 Demak Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Mabicab Grobogan

Kapenrem 072/Pmk Mayor Inf M Munasik, S.ag menjelaskan“ Latihan ini dimaksudkan untuk mengasah kemampuan prajurit Yonif 403 dalam melaksanakan tugas terutama pembebasan sandera di daerah perkotaan.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel