TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 08/Alian Perbaiki Kerusakan Tanggul

By 20 Jan 2015 19:17Kodam IV/Diponegoro
2001201505

Senin (19/1) Koramil 08/Alian bersama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti TNI memperbaiki kerusakan tanggul sungai akibat kondisi pondasi tanggul yang rapuh, dan terkikis arus sungai. Perbaikan tanggul tersebut bertempat di Desa Seliling RT 03/04 Kec. Alian Kab. Kebumen.

Sebanyak empat titik tanggul sungai Desa Seliling Kec. Alian, saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatikan, namun dari ke empat titik tersebut hanya di RT 03/04 lah yang mengalami rusak parah dan terancam jebol, jika hal ini dibiarkan bukan tidak mungkin bahaya banjir akibat luapan sungai akan mengancam permukiman warga.

Kerusakan tanggul di Desa Seliling berada di RT 03/04 berdasarkan pantauan Koramil 08/Alian yang sehari sebelum dilaksanakannya kerja bakti telah dilaksanakan pengecekan oleh Babinsa bersama Danramil 08/Alian Kapten Arh Suhartono, kerusakan tanggul sepanjang sekitar 12 meter. Kondisi tersebut mengkhawatirkan permukiman warga yang berjarak sekitar 15 meter dari tanggul sungai.

Menurut salah seorang warga Sumarno, kerusakan tanggul dikarenakan terkikis luapan arus sungai, saat hujan tiba, kerusakan tanggul semakin parah dan merusak tanggul penahan sehingga nyaris jebol. ”Saat sungai tersebut meluap, maka akan semakin memperparah kondisi tanggul,” kata dia di lokasi, Senin (19/1), kekhawatiran warga sangat beralasan, atas prakarsa Danramil 08/Alian Kapten Arh Suhartono maka dikerahkannya anggota dan masyarakat Desa Seliling untuk membuat tanggul darurat dengan memanfaatkan karung-karung bekas sebagai penahan tanggul.

Danramil 08/Alian Kapten Arh Suhartono, mengatakan, “kami bekerja bakti bersama warga, demi warga dan untuk warga agar warga tenang, nyaman dan jauh dari rasa khawatir, untuk karung kami hasilkan dari koordinasikan dengan rekan-rekan Muspika Kec. Alian dan Alhamdulillah hasilnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kerusakan walaupun sementara, karena kalau mau permanen kita masih butuh waktu, sementara ini perlu penanganan segera, pungkas Danramil. (KODIM 0709/KEBUMEN)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 08/Alian Perbaiki Kerusakan Tanggul