TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

64 Tahun Berkiprah, Dispenad Introspeksi Ke Dalam & Ke Luar

By 14 Jan 2015 Dinas Penerangan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Kolonel Inf Wuryanto, S.Sos, M.Si. mengajak seluruh insan penerangan untuk introspeksi diri tentang kinerja Dispenad selama ini terutama yang berkaitan dengan tugas Dispenad dalam memberikan informasi baik ke dalam maupun keluar organisasi. Demikian disampaikan Kadispenad dalam sambutannya pada acara syukuran HUT ke-64 Penerangan Angkatan Darat yang digelar di Aula Kartika Media Center Jakarta, Senin (13/1).

“Di awal tahun yang baru dan awal usia ke-64 ini, mari kita evaluasi diri kita masing-masing sebagai insan Penerangan, apa peran saya, sudahkah saya laksanakan tugas dengan baik? Dan mari kita bangun Penerangan Angkatan Darat yang lebih baik,” ajaknya. Ajakan ini menurut Kadis didasari oleh penyampaian dari Pimpinan Angkatan Darat, bahwa komunitas media dan masyarakat masih merasa belum cukup puas akan kinerja para insan penerangan. Untuk itu, menurut Kadis, kemampuan SDM insan penerangan dan alat peralatan harus dipacu guna menjawab tuntutan tersebut.

Sementara kaitannya dengan hubungan insan penerangan ke luar organisasi, yaitu dengan media, Kadis berharap agar ke depan tidak ada lagi keterbatasan atau jarak diantara keduanya. Untuk mewujudkan hal itu, Kadis telah memfasilitasi Media Center dengan segala kebutuhan wartawan/media dan berharap tempat tersebut bisa menjadi “Rumah Bersama” komunitas yang sama-sama bergerak di bidang informasi dan pubikasi ini.

Kesemua langkah ini sejalan dengan tema HUT Penerangan Angkatan Darat tahun ini yaitu “Penerangan Angkatan Darat Siap Meningkatkan Profesionalitas dan Kinerja Insan Penerangan Guna Mendukung Tugas Pokok Angkatan Darat”.

Masih terkait dengan fungsi penerangan dalam memberikan informasi tentang TNI Angkatan Darat yang sebenar-benarnya kepada masyarakat, Kadis meminta bantuan media massa yang hadir untuk menyebarkan informasi tersebut dan terkait Werving/Penerimaan Prajurit TNI AD yang digelar 5 kali dalam setahun (2 kali penerimaan Tamtama, 1 kali penerimaan Bintara, 1 kali penerimaan Perwira PK, dan 1 kali penerimaan Akmil), bahwasanya dalam pelaksanaan Werving tersebut, sama sekali tidak dipungut biaya! “Masyarakat perlu diyakinkan bahwa oknum-oknum yang meminta biaya tersebut, tidak memiliki wewenang apapun dalam meloloskan calon prajurit, sebab panitia seleksi menilai berdasarkan hasil tes calon prajurit itu sendiri dan penilaiannya tidak bisa diintervensi oleh siapa pun” ungkap Kadis.

Selain acara seremonial seperti pemotongan tumpeng dan hiburan, rangkaian kegiatan yang menarik lainnya pada perayaan ulang tahun kali ini, usai pembukaan, seluruh tamu undangan yang hadir disuguhi dengan pemutaran film sejarah berdirinya organisasi Penerangan Angkatan Darat, yang kini dikenal dengan nama Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), lengkap dengan profil singkat 31 pejabat Kadispenad selama kurun waktu 64 tahun (1951 – sekarang). Diakhiri dengan profil lengkap Kadispenad Kolonel Inf Wuryanto, S.Sos, M.Si. serta penugasan-penugasan beliau sebelum menjabat sebagai Kadispenad. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

64 Tahun Berkiprah, Dispenad Introspeksi Ke Dalam & Ke Luar