TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 071/Wk Sambut Kirab Merah Putih Haul Panglima Besar Jenderal Soedirman

By 26 Jan 2015 14:00Kodam IV/Diponegoro
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. menyambut kedatangan Kirab Merah Putih dalam rangka Haul Panglima Besar Jenderal Soedirman, Minggu (25/1) di Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto Sokaraja Banyumas.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa para generasi muda harus tahu bahwa di tanah Banyumas lahir seorang pahlawan bangsa yakni Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berperan penting dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Jadi jangan sampai hanya tahu namanya sebagai nama jalan raya saja.

“Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan seorang tokoh pejuang besar yang lahir diwilayah Bnayumas ini, namanya sampai hari ini masih tetap harum. Melalui kata-kata mutiaranya yang beliau ucapkan dan tertulis dimana mana sampai saat ini masih memberikan dan menggugah semangat serta motivasi kita untuk mempertahankan NKRI sampai titik darah penghabisan”, papar Danrem 071/Wk.

Karena apa, lanjutnya. Pada saat ini banyak sekali kelompok-kelompok atau unsur-unsur tertentu baik itu teroris apalagi ISIS yang akan menggantikan NKRI sebagai negara ISIS. Oleh sebab itu, kita harus bahu membahu harus berjuang bersama-sama dalam mempertahankan NKRI.

Kita sebagai generasi penerus jangan sampai melupakan sejarah perjuangan tersebut, karena itu mari kita kobarkan semangat Merah Putih dalam hati kita masing-masing dan jangan sampai luntur. Mari kita rapatkan barisan untuk selalu bersatu menghadapi ancaman baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Dengan dilaksanakannya kirab Merah Putih ini, diharapkan agar nilai-nilai perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman tetap lestari dan terpatri dihati sanubari generasi sekarang. Hal ini agar perjuangan para pejuang tidak dipandang sebagai romantisme sejarah masa lalu. “Momentum kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman harus menjadi semangat untuk menggelorakan jiwa dan nilai kepahlawanan yang telah menjadi teladan bangsa ini”.

“Kirab Merah Putih tahun ini, merupakan gelaran yang ketiga kalinya, Kirab yang pertama dilaksanakan pada Peringatan HUT TNI Ke-66 tanggal 5 Oktober 2011 dengan rute Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman Rembang menuju Makorem 071/Wk, Kirab kedua dilaksanakan pada Peringatan HUT Ke-62 Kodam IV/Dip tanggal 1 Maret 2012, dan yang ketiga sekarang dilaksanakan”, terang Danrem 071/Wk.

“Kegiatan Kirab Merah Putih ini akan tetap berlanjut dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang digelar Korem 071/Wk untuk masyarakat”, lanjutnya.

Kirab Merah Putih yang telah dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 24 s.d 25 Januari 2015 menempuh jarak sekitar 70 km dari Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman Rembang Purbalingga menuju Makorem 071/Wk Sokaraja Banyumas yang pesertanya terdiri para pelajar, mahasiswa, pemuda dan masyarakat, TNI/Polri dengan membawa Bendera Merah Putih, berjalan kaki secara estafet menempuh jarak puluhan kilometer dimulai dari Museum Pangsar Jenderal Soedirman Rembang (start) menuju Makorem 071/Wk Sokaraja Banyumas (finish) ini melalui beberapa rute antara lain   :

–    Etape-1 Monumen Pangsar Jenderal Soedirman Desa Bantar Barang Kec.Rembang Purbalingga menuju Etape-2 perempatan pasar pahing dengan menempuh jarak 4 km.

–       Etape-2 pasar pahing menuju Etape-3 Kantor Kec. Pengadegan menempuh jarak 6 km.

–       Etape-3 Kantor Kec. Pengadegan menuju Etape-4 SMK Kalogondang menempuh jarak 6 km.

–       Etape-4 SMK Kaligondang menuju Etape-5 Makodim 0702/Pbg menempuh jarak 7 km.

–       Etape-5 Makodim 0702/Pbg menuju Etape-6 Sub terminal Jompo menempuh jarak 6 km.

–       Etape-6 Sub terminal Jompo menuju Etape-7 Makorem 071/Wk Sokaraja menempuh jarak 6,5 km.

Penyambutan Kirab Merah Putih, disambut dengan meriah oleh lapisan masyarakat sekitar rute yang dilalui baik selama perjalanan maupun sesampainya di halaman Makorem 071/Wk tempat berakhirnya kegiatan.

Kirab Merah Putih itu sendiri terdiri dari beberapa tim yakni tim 17, tim 8 dan 45. Hal ini melambangkan 17 Agustus 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tim 17 terdiri dari pelajar, Tim 8 terdiri dari anggota TNI/Polri serta tim 45 terdiri dari gabungan para pelajar.

Dalam pelaksanaan kegiatan juga dilaksanakan penilaian oleh tim penilai dari Makorem 071/Wk, keluar sebagai juara-I Kirab Merah Putih Tim Kodim 0702/Pbg (Tim Etape-V) , juara-II Tim Kodim 0702/Pbg (Tim etape IV), dan juara-III Tim Kodim 0701/Bms (Tim etape VI).

Selain dimeriahkan drumb band dari prajurit Yonif 407/Pk Brigif-4/DR dalam penyambutan tersebut juga dimeriahkan grup kentongan thek-thek dari Kodim 0701/Bms, Barongsai dari Yonif 407/Pk Brigif-4/DR dan dari berbagai kalangan masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, juga komunitas sepeda diwilayah Banyumas dan Purbalingga serta kumintas motor gede dan mobil jeep.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XIV Hassanudin Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 071/Wk Sambut Kirab Merah Putih Haul Panglima Besar Jenderal Soedirman