TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasad Panggil Prajurit Penangkap Pelaku Penembakan Polisi

By 22 Jan 2015 11:10Dinas Penerangan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

“Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo akan memanggil Prada Thoyib dan akan diberikan penghargaan atas jasanya yang telah membantu pihak kepolisian”. Hal tersebut dikatakan Kadispenad Kolonel Inf Wuryanto di Mabesad (20/1/2015). Penghargaan diberikan atas jasanya telah menangkap penembak Polisi dengan menggunakan tangan kosong.

Prada Thoyib, prajurit Yonif 713 Brigif 22 Gorontalo, berhasil melumpuhkan RR seorang pelaku curanmor saat kabur melarikan diri seusai menembak Brigadir Syarif dan seorang pengemudi becak motor, Daud, di Simpang Telaga, Gorontalo, sekitar pukul 17.30 Wita, 26 Desember 2014 lalu.

Saat kejadian, Thoyib mendengar teriakan minta tolong dari Brigpol Syarif anggota polisi yang ditembak pelaku dengan menggunakan pistol revolver miliknya yang direbut pelaku. Setelah melihat pelaku melarikan diri, menurut pengakuan prajurit bernama Naruli, Thoyib mengejar pelaku yang bersenjatakan pistol itu. Dalam pengejaran, pelaku terdesak di pemukiman warga. Kemudian, dengan kemampuan bela diri militer yang dimilikinya, Prada Thoyib melumpuhkan pelaku dengan cara menendang dadanya hingga pingsan, dan pistol yang dibawa pelaku berhasil direbut kembali. Setelah dilumpuhkan dan pingsan, pelaku dibopong dan dibawa ke Polresta Gorontalo.

Brigpol Syarif yang terkena tembakan di bawah ketiak, sempat dirawat di RSUD Gorontalo, namun jiwanya tidak tertolong dan akhirnya meninggal dunia.

Berkat keberaniannya melumpuhkan pelaku yang telah menembak anggota Polisi Brigpol Syarif Dunggio, Prajurit Dua (Prada) Muhammad Thoyib (23), akan dipanggil ke Jakarta untuk diberi penghargaan langsung oleh Kasad. Selain itu, Prada Thoyib dianggap berjasa karena secara psikologis telah berhasil menciptakan suasana akrab antara Polisi dan prajurit TNI AD.

Sebelumnya Prada Thoyib juga telah menerima penghargaan dari Panglima Kodam VII Wirabuana Mayor Jenderal Bachtiar di Makodam VII di Makassar. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasad Panggil Prajurit Penangkap Pelaku Penembakan Polisi