TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KERJA SAMA KODIM 0814, PEMDA, PONPES TEBU IRENG, RS. NU DIWEK DAN LSM INTI OPERASI KATARAK GRATIS BAGI 300 WARGA JOMBANG

By 23 Jan 2015 15:43Kodam V/Brawijaya
WARGA YANG AKAN OPERASI KATARAK GRATIS DI RSUN KAB JOMBANG

 

Jombang (23/01 ).      Kodim 0814/Jombang yang dikomandani oleh Letkol Arm Muhammad Haidir S.I.P dalam serbuan Teritorialnya, kali ini sebagai tindak lanjut atas kegiatan Screening Pra Operasi Katarak yang telah dilaksanakan di Aula Makodim 0814/Jombang  pada hari Minggu 11 Januari 2015 lalu, dimana Tim dokter merekomendasikan terhadap 300 warga masyarakat Kab. Jombang yang dinilai layak untuk dilakukan tindakan operasi Katarak.

    Hari ini Jum’at 23 Januari 2015 di halaman RS. NU Diwek Kab. Jombang sejak pukul 06.00 Wib. terlihat ramai berkumpul kurang lebih 300 warga masyarakat Kab. Jombang, mereka  bukan berniat  untuk demo melainkan untuk mengantri giliran demi memperoleh pelayanan operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh Kodim 0814/Jombang bekerja sama dengan Pemda Kab. Jombang,  Rumah Sakit NU Diwek dan Lembaga Sosial Ponpes Tebuireng serta  LSM INTI.

    Danrem 082/CPYJ Kolonel Czi Suparjo pada acara kunjungan kerjanya ke Kodim 0814/Jombang, menyempatkan untuk meninjau pelaksanaan operasi di RS NU Diwek Kab. Jombang, dan menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu  wujud kepedulian sosial Kodim 0814/Jombang sebagai satuan jajaran Korem 082/CPYJ Kodam V/Brawijaya bersama beberapa  komponen bangsa yang ada di wilayah Kab. Jombang dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat yang menderita penyakit mata Katarak, terutama untuk meringankan beban finansial mereka , dengan melibatkan dokter – dokter yang berpengalaman dalam membantu penyembuhan penyakit mata mereka.

    Upaya membentuk kebersamaan dengan rakyat dalam kegiatan seperti ini, semata – mata untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat sehingga timbul pengertian dan tindakan untuk berperan serta secara aktif dalam bidang pertahanan Negara di daerah, sesuai dengan Sistem Pertahanan Negara yang bersifat Semesta yang tertuang pada UU RI nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dan ini harus difahami oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Kab. Jombang yang menjadi obyek pembinaan kami, demikian dikatakan Letkol Arm Muhammad Haidir S.Ip ketika menjawab pertanyaan wartawan.

    Sementara direktur RS. NU Diwek Dr. Bambang dalam sambutannya mengatakan bahwa dari hasil screening yang dilaksanakan di Kodim, kita memperoleh 300 orang yang dinilai layak untuk dilakukan tindakan operasi atas penyakit mata katarak yang dideritanya, namun hari ini ada tambahan masyarakat yang sakit mata katarak, atas kesadaran sendiri datang untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak, sehingga jumlahnya menjadi lebih dari 300 orang.

    Bupati Jombang Bp. Nyono Suherli juga mengharapkan agar pasien yang hari ini mengikuti operasi hendaknya setelah pelaksanaan operasi dapat turut mensosialisasikan kepada masyarakat penderita penyakit mata katarak lainnya yang belum dioperasi , sehingga kedepan diharapkan masyarakat Kab. Jombang terbebas dari penyakit mata katarak.    Selanjutnya mengawali pelaksanaan operasi, oleh Wakil Bupati Jombang dilakukan penyerahan pasien secara simbolis kepada Tim dokter yang menangani, dimana perwakilan pasien yang diserahkan adalah Bp. Alim Purwana ( 42 ) dari Pare Kab. Jom,bang dan Ibu Suwarni ( 75 ) dari Jatipelem Kab. Jombang yang sudah 3 tahun menderita sakit mata katarak.

    Pelaksanaan operasi dilaksanakan mulai hari ini 23 Januari 2015 sampai dengan 27 Januari 2015 atau sampai semua pasien selesai mendapatkan pelayanan operasi, dan masih dimungkinkan adanya penambahan pasien yang datang atas kesadaran sendiri karena termotivasi setelah mendengar cerita pasien sebelumnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVII/Cenderawasih Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam Jaya Kostrad Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KERJA SAMA KODIM 0814, PEMDA, PONPES TEBU IRENG, RS. NU DIWEK DAN LSM INTI OPERASI KATARAK GRATIS BAGI 300 WARGA JOMBANG