TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0110/Abdya Tanam Padi Jajar Legowo di Kecamatan Babahrot

By 15 Jan 2015 16:16Kodam Iskandar Muda
IMG_1096

Blang Pidie. Tingkatkan hasil pruduksitas tanaman padi dalam mensukseskan program ketahanan pangan, Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan tanam padi perdana “Jajar Legowo”. Kegiatan penanaman padi perdana dilaksanakan di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya. Kegiatan penanaman padi tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Babahrot, Pasiter Kodim 0110/Abdya Kapten Arh Dwi Sugiarto, Kapolsek Babahrot AKP Syahrar Hamdani, Kepala Penyuluh Pertanian Kec. Babahrot Bapak Mustafa, para Keucik, anggota Kelompok Tani Beringin Indah dan masyarakat desa setempat. Selasa (12/1).

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono menjelaskan bahwa dimana sistem tanam padi Legowo merupakan sistem dimana diantara barisan tanam padi terdapat lorong kosong yang lebih lebar dan memanjang sejajar dengan barisan tanam padi antara lain Jajar Legowo 2:1, Jajar Legowo 3:1 dan Jajar Legowo 4:1. Penanaman ini merupakan bentuk kerjasama antara Kodim 0110/Abdya dengan Dinas Pertanian Kabupaten Abdya dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Menurut Dandim, penanaman perdana padi sebagai bentuk dukungan TNI kepada pemerintah daerah terhadap program ketahanan pangan nasional, untuk itu Dandim berharap agar program ini dapat berhasil, maka dibutuhkan dukungan dari semua pihak, khususnya kelompok tani dan penyuluh pertanian kecamatan Babahrot untuk mesukseskan program penanaman padi ini agar produksi pangan semakin meningkat.

Untuk memaksimalkan program ini, Kodim 0110/Abdya telah menurukan personil anggota Koramil 07/Babahrot untuk membantu masyarakat dalam mensukseskan program tanam padi dalam rangka ketahanan pangan. Dandim juga meminta agar partisipasi para penyuluh pertanian, sangat dibutuhkan utamanya dalam membimbing dan membina para petani agar pengetahuannya semakin meningkat sehingga pada gilirannya mampu menambah produksinya dan meningkatkan kesejahteraan para petani.Tegas Dandim.

Kepala BP3K Kecamatan Babahrot Mustofa menyampaikan sangat mendukung kerjasama program penanaman ini. Menurutnya, cara yang efektif dalam memberdayakan masyarakat petani khususnya dengan mendorong masyarakat untuk menyadari bahwa sektor pertanian adalah sektor kebutuhan yang paling vital bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi daerah untuk mengembangkan lagi  padi  yang menjadi produk unggulan Kabupaten.

Penetapan lokasi penanaman padi perdana di Dsn. Genang Jaya Desa Rukon Damai Kecamatan Babahrot ini telah menempuh beberapa tahapan. Lahan tanaman seluas ±36,5 hektare untuk lahan penanaman padi tersebut dikerjakan oleh kelompok Tani  Beringin Indah dengan anggota 50 orang yang dibina langsung oleh Danramil 07/ Babahrot Kapten Inf Ishar.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kostrad Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kodim 0110/Abdya Tanam Padi Jajar Legowo di Kecamatan Babahrot