TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0116/Nagan Raya Gelar Sosialisasi Ketahanan Pangan

By 16 Jan 2015 17:39Kodam Iskandar Muda
_DSC1065

Komando Distrik Militer (Kodim) 0116 Nagan Raya menggelar acara sosialisasi kader ketahanan pangan para Danramil serta Babinsa Kodim 0116/Nagan Raya dibuka langsung oleh Dandim Letkol Arm Erland Hendriatna, Kamis (15/01/15).

Dandim dalam kesempatan itu menjelaskan secara teknis pelaksanaan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan pemerintah dimana telah ditanda tanganinya Pakta Integritas antara Kasad dengan menteri Pertanian Republik Indonesia. Sebelumnya para Dandim jajaran Kodam IM telah mengikuti Sosialisasi Ketahanan Pangan mewujudkan Swasembada Pangan Nasional 2015 di Makodam Iskandar Muda oleh Dirjen Tanaman Pangan pusat. Lebih lanjut Dandim mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi pangan khususnya padi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian.

Menurut Dandim, materi yang diajarkan meliputi tahap pengumpulan data luas lahan, produktivitas tanaman, Intensitas penanaman, teori penyuluhan swasembada pangan, gerakan peningkatan produksi tanaman pangan, pemupukan spesifikasi PTT padi sawah dan pengendalian hama pada tanaman.

Kegiatan ini melibatkan Babinsa yang menpunyai peran sebagai motivator dilapangan dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada, sedangkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL)  memberikan bimbingan teknis sehingga terbentuk sinergitas kegiatan dilapangan.

Dandim berharap, kegiatan sosialisasi ini kiranya dapat memberikan nilai tambah baik pengetahuan maupun keterampilan bagi para Babinsa, sehingga dapat menjadikan bekal untuk diimplementasikan kepada petani penggarap.

Dandim juga mengajak semua stake holder pemerintah serta kalangan masyarakat agar bersama-sama bertekad untuk menjadikan tahun 2015 sebagai tahun kerja keras penyuluhan pertanian serta tahun kebangkitan kembali pertanian, agar mampu memberikan kesejahteraan masyarakat dan tercapainya target utama Swasembada Pangan Nasional tahun 2015.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0116/Nagan Raya Gelar Sosialisasi Ketahanan Pangan