TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 1619/TABANAN KOREM 163/WSA TUANGKAN BUKTI KESERIUSAN DUKUNGAN SWASEMBADA PANGAN KEDALAM PAKTA INTEGRITAS

By 23 Jan 2015 13:07Kodam IX/Udayana
IMG_20150123_120053

Bertempat di Wantilan Banjar Panarukan Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan (Jumat, 23/1/2015), keseriusan Babinsa di jajaran Kodim 1619/Tabanan Korem 163/Wirasatya sebagai ujung tombak pelaksana tugas TNI AD bersama jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tabanan dalam mendukung program ketahanan pangan nasional di tahun 2017 secara tersurat dituangkan dalam sebuah “Pakta Integritas” yang ditandatangani oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabanan Ir. I Nyoman Budana, M.M.

Penandatangan disaksikan oleh Bupati Tabanan (diwakili oleh Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa), Ketua DPRD Tabanan, Ketua Bapeluh Tabanan (Ir. I Nyoman Sunarta, M.Si), Kadis PU Tabanan dan Staf dari Kementrian Pertanian wilayah Propinsi Bali.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos menyampaikan bahwa Pakta Integritas yang ditandatanganinya merupakan salah satu upaya khusus keseriusan Pemkab Tabanan dan Kodim 1619/Tabanan dalam bersirnergis mensukseskan pencapaian target produksi tanaman pangan tahun 2015 dan berisi tentang pernyatakan kesiapan untuk turut mengawal proses pemeliharaan tanaman pertanian melalui sinergi potensi tugas, kewenangan dan program yang ada pada masing-masing institusi.

Dalam program pemerintah Presiden RI Bapak Joko Widodo telah mencanangkan bahwa Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan. Swasembada pangan merupakan hal yang sangat penting, karena tidak mungkin ketahanan nasional bisa tercapai tanpa ketahanan pangan dan tidak mungkin ketahanan pangan terwujud tanpa swasembada pangan. Menyikapi pernyataan Presiden RI itulah maka pada tanggal 8 Januari 2015 Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Gatot Nurmantyo telah menandatangani MOU dengan Menteri Pertanian selanjutnya ditandatangani pula Pakta Integritas oleh seluruh Pangdam dengan Kepala Dinas Pertanian se-Provinsi di Indonesia yang disaksikan oleh Menteri Pertanian dan Kepala Staf Angkatan Darat.

Apa yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden RI tentunya sejalan dengan “Serbuan Teritorial” yang sudah dilakukan oleh seluruh Prajurit TNI Angkatan Darat selama ini. Menyikkapi betapa pentingnya program swasembada pangan inilah maka Dandim 1619/Tabanan dan Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Tabanan bertekad untuk mengajak seluruh stake holder atau pemangku kebijakan yang ada di Pemkab Tabanan untuk bersirnergis dengan pelibatan langsung dari Babinsa sebagai motor penggerak dalam memotivasi para petani subak. (coi/tbn)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

KODIM 1619/TABANAN KOREM 163/WSA TUANGKAN BUKTI KESERIUSAN DUKUNGAN SWASEMBADA PANGAN KEDALAM PAKTA INTEGRITAS