TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 174/ATW Siap Mewujudkan Swasembada Pangan

By 07 Jan 2015 16:03Kodam XVII/Cenderawasih
Anggota-Korem-174-ATW-saat-sosialisasi-penanaman-cabe

Komandan Korem (Darem) 174/ATW Brigjen TNI Supartodi dan Pemerintah Kabupaten Merauke sepakat untuk melakukan kerjasama bidang pangan guna meningkatkan swasembada pangan dilaksanakan di daerah Tanah Miring Merauke, Senin (5/1).

Kesepakatan tersebut dilakukan dengan menandatangani Memorandum Of Understanding (Mou) yang berfungsi untuk saling mengikat satu dengan yang lain agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai kesepakatan bersama dan bisa berjalan dengan tertib. Hal ini merupakan tindak lanjut kesepakatan yang dilakukan antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian RI di Jakarta.

Swasembada pangan bagi masyarakat Merauke merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan mengingat kebutuhan ini sangat diperlukan agar dapat menjalankan kegiatan ekonomi dibidang kebutuhan pangan, sehingga penghasilan masyarakat Merauke bisa ditingkatkan. Terkait hal tersebut, Danrem menegaskan pihaknya mendukung 100% program pertanian di Merauke, bahkan untuk musim tanam padi tahun ini pihaknya akan menanam padi minimal seluas 100 hadi Kampung Serapuh.

Menurut Danrem, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama pemerintah daerah merupakan suatu tindakan kerjasama yang baik guna memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Merauke.
Selain itu, ditempat yang sama Bupati Merauke mengatakan khusus untuk padi-padian pada tahun 2015 ini ditargetkan lahan yang akan ditanami padi termasuk musim tanam gadu nanti sebanyak 42.000 hektar, dan hal ini telah melampaui target tahun sebelumnya hanya mencapai 39.000 hektar.

Adapun lahan pertanian di Kabupaten Merauke seluas 1,2 juta hektar dan untuk bidang pertanian tersebut didorong beberapa pendekatan, salah satunya dengan pendekatan Merauke Integrated Food and Energi Estate (MIFE).

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Merauke agar petani dapat terbantu dengan adanya swasembada pangan ini dan dapat mempergunakan kegiatan ini sebaik-baiknya sehingga dapat merubah pola hidup masyarakat yang masih sederhana untuk lebih maju lagi kedepannya. (Cen/IKS)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 174/ATW Siap Mewujudkan Swasembada Pangan