TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KOTA RENGAT ‘DISERANG’ KAPAL PERANG BELANDA

By 06 Jan 2015 04:33Kodam I/Bukit Barisan
PRY_0551

Rengat (5/1) – Disalah satu pinggiran sungai indragiri sudah terlihat 1 unit kapal perang dengan memakai bendera Belanda yang bersandar di kawasan Batu Miring, bawah jembatan Trio Amanah Rengat.

Kapal yang dilengkapi dengan fasilitas senjata perang itu, menurunkan puluhan tentara Belanda dan menyerang warga kota Rengat, hari ini Senin, (5/1) pada pertunjukan Drama kolosal dalam Upacara peringatan hari Jadi Kota Rengat dan mengenang peristiwa Rengat berdarah. Kapal tersebut sengaja dibuat untuk mengulang sejarah 5 Januari 1949. Drama kolosal diperankan oleh anggota teater Dewan Kesenian Indragiri bekerjasama dengan Kodim 0302 Inhu. Dalam drama kolosal tersebut diceritakan tentang pembantaian warga Kabupaten Indragiri Hulu sekitarnya oleh kolonial Belanda di Kota Rengat. Pada peristiwa tersebut, Sungai Indragiri memerah, menjadi saksi bisu keganasan tentara Belanda membunuh ribuan nyawa tak berdosa saat melancarkan Agresi Militer ke II di tanah Indragiri.

Upacara memperingati hari rengat berdarah yang Ke-66 tersebut di pimpin oleh Bupati kabupaten Inhu yang di pusatkan di depan tugu rengat berdarah jl. Ahmad Yani Rengat. Tidak sedikit peserta upacara dan tamu undangan yang hadir menitikkan air mata terutama Ibu Ninik Turajjah Tulus yang merupakan anak Bupati tulus saat menyaksikan drama kolosal Rengat berdarah.

Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto tampak hadir pada puncak peringatan tersebut. Dalam sambutannya Danrem menyampaikan bahwa Rengat mempunyai pahlawan pejuang yang berjasa dalam kemerdekaan. Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa melalui peringatan hari jadi Kota Rengat ini kita dapat mengingat dan mengenang kembali perstiwa tragis pembantaian masyarakat Rengat oleh Kolonial Belanda dengan ditampilkannya aksi drama kolosal tersebut. Untuk itu kepada seluruh masyarakat rengat, agar selalu menghargai jasa-jasa para pahlawannya karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya.

Selain Danrem peringatan hari berdarah kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) juga dihadiri oleh 2000 tamu undangan lainnya yaitu dari FKPD Provinsi Riau, FKPD Kabupaten Inhu , para Kasi InuKorem 031/Wirabima, para Perwira Kodim 0302/Inhu, Kapolres Inhu, para Veteran dan PNS Se-Kab. Inhu serta para Siswa/i SMP/SMA se-kota Rengat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XIV Hassanudin Puspen TNI Kodam V/Brawijaya Kodam VI/Mulawarman Pasukan Garuda Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOTA RENGAT 'DISERANG' KAPAL PERANG BELANDA