TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lampu Hemat Energi Lentera Untuk Masyarakat Kurang Mampu

By 07 Jan 2015 21:04Kodam Iskandar Muda
_DSC1068
Aparat Kodim 0116/Nara memasang lampu hemat energi untuk 5 warga Gampong di Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Senin (5/1), Kegiatan ini dinamakan LENTERA (Program Lampu Hemat Energi Tentara Rakyat) dimana kegiatan ini diadakan masing-masing di Desa Blang Sapek, Desa Suak Bilie, Desa Leung Baro dan Desa Paya Teladan. Program ini mendapat antusias warga terutama yang belum dapat menikmati listrik.

Program LENTERA ini merupakan Program Hemat energi untuk rakyat tidak mampu bantuan Pangdam IM  dari 100 set Listrik Mandiri Rakyat  (LIMAR) kepada masyarakat terpencil yang belum  ada aliran arus listrik di wilayah Prov. Aceh.
Khusus di Wilayah Kodim 0116/Nagan Raya tahap awal didukung sebanyak 10 Unit.

Dandim 0116/Nara, Letkol Arm Erland Hendriatna melalui Pasiter Kapten Inf Mahfud menyampaikan , Program Lentera itu dikhususkan bagi warga yang belum pernah mendapatkan suplai arus listrik. Menurutnya, lampu hemat energi tersebut dioperasikan dengan tenaga baterai atau accu, dan penggunaannya sangat sederhana dan murah. Sebelumnya para Babinsa di jajaran Kodim 0116/Nara melaksanakan pendataan desa mana saja uang belum terlayani aliran listrik dan diprioritaskan kepada warga tidak mampu.

“Program hemat energi ini menggunakan tenaga accu atau baterai yang bisa menerangi sampai satu bulan dengan menggunakan lima bola lampu khusus (LIMAR) bertegangan 12V / 5Watt yang bisa tahan sampai 8 tahun yang mulai dihidupkan dari malam sampai pagi. Setiap bulannya warga hanya mengeluarkan biaya 20 ribu rupiah, untuk menambah daya baterai,” kata Dandim.

Harapan kami Program Lentera ini dapat membantu masyarakat, sehingga malam harinya mereka sudah dapat menikmati penerangan. Hanya saja, ini diperuntukkan khusus membantu penerangan dan tidak dapat dipakai untuk menyalakan televisi, kulkas dan barang elektronik lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, camat Suka Makmue,Amiruddin,AMD, Kapospol Suka Makmue Aipda Said Isa Quraish dan warga masyarakat setempat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lampu Hemat Energi Lentera Untuk Masyarakat Kurang Mampu