TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Yongmodoo Terpusat Brigif-1 PIK/Jayasakti

By 16 Jan 2015 13:40Kodam Jaya
DSC07047

Yongmoodo merupakan seni beladiri asal Korea Selatan dan sejak 2012, Yongmoodo telah menyemarakkan keragaman seni beladiri di Indonesia. Sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, beladiri tangan kosong ini telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008.

Segenap Prajurit Jajaran Brigif-1 PIK/Jayasakti melaksanakan latihan beladiri Yong Modoo secara terpusat diMabrigif-1 PIK/JS. Beladiri Yong Modoo yang ditetapkan sebagai seni beladiri wajib yang dimiliki oleh seluruh Prajurit TNI AD ini bertujuan untuk menambah kreativitas Prajurit dibidang kemampuan beladiri, Karena sebagai seorang Prajurit harus mampu melumpuhkan lawannya dengan tangan kosong.

Melalui perbekalan beladiri Yong Modoo inilah para Prajurit dilatih dan ditempa sedemikian rupa agar kelak menjadi Prajurit yang tanggap, tangguh dan trengginas. Untuk itu latihan terpusat ini sangat di dukung oleh Komandan Brigif-1 PIK/Jayasakti Kolonel Inf Andi Perdana Kahar dengan metode latihan bertahap, bertingkat dan berlanjut guna mempertajam kemampuan beladiri tenaga dalam, serta kemampuan bertahan maupun menyerang dengan maksimal.

Sangat tidak mudah mencari waktu untuk melaksanakan latihan beladiri Yong Modoo secara terpusat ini, dikarenakan padatnya kegiatan baik pengamanan VIP dan VVIP maupun objek vital, serta tugas operasi yang diamanahkan kepada satuan Jajaran Brigif-1 PIK/JS, oleh karena itu Danbrigif-1 PIK/JS menekankan kepada prajurit yang berlatih agar serius dan semangat karena sesuai kalimat Panglima Besar Jenderal Sudirman “Kesejahteraan Yang Paling Hakiki Bagi Setiap Prajurit Adalah Berlatih”.

”Beladiri Yongmoodo dapat mewujudkan sifat maupun watak patriotisme, Seni beladiri Yongmoodo sendiri mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat. Yongmoodo sendiri memiliki tujuan positif melatih keberanian serta patriotisme kepada para prajurit sebagai garda terdepan pengamanan terhadap NKRI. Spesifiknya adalah olahraga gabungan dari beladiri perkelahian jarak dekat”.

Autentikasi : Kapendam Jaya Letkol Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XIV Hassanudin Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Yongmodoo Terpusat Brigif-1 PIK/Jayasakti