TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Libatkan Kodim Palopo, Pemerintah Luwu Menuju Swasembada Pangan Berkelanjutan

luwu

Kodim 1403 Sawerigading Korem 142/Tatag dilibatkan Pemerintah Kabupaten Luwu dalam meningkatkan produksi pertanian. Kedua lembaga telah melakukan panen perdana dalam rangka swasembada pangan berkelanjutan. Kerjasama di bidang penanaman padi organik diareal seluas setengah hektare berhasil memproduksi padi 6, 720 kg.

Program ini dirancang Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Luwu untuk medukung Swasembada Pangan berkelanjutan dengan bekerja sama jajaran TNI-AD dari Kodim 1403 sawerigading.

Bupati Luwu Andi Mudzakkar Bersama Komandan Kodim 1403/swg Letkol Inf Aco Lamama,Wabup Amru Saher,Sekkab Syaiful Alam dan Kadis Tanam Pangan Luwu Andi Pangeran melakukan panen perdana Padi Organik ini.

Bupati Luwu HA Mudzakkar mengatakan, luas lahan pertanian di Luwu yang mencapai sekitar 38 ribu hektar. Makanya, Kabupaten Luwu tetap memprioritaskan program pembangunan pertanian di 2015 pada sektor pertanian. “Tahun ini kita tetap memprioritaskan bagaimana menjaga ketahanan pangan didaerah kita. Untuk mendukung swasembada pangan nasional kita harus lebih mengoptimalkan produksi sawah-swah petani kita,”ungkap Andi Mudzakkar. Panen padi organik benih unggul Sawerigading pada areal lahan percontohan dinas Pertanian dan peternakan Luwu di Belopa Jumat lalu.

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Luwu mengatakan, anggaran program swasembada pangan dari APBN tahun 2015 senilai Rp30 miliar. Dana ini digunakan membiayai peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Luwu. ”Kita sedang menunggu turunya daftar DIPA APBN dari pusat terhadap anggaran Rp 30 Miliar tersebut,”kata Andi Pangeran usai panen perdana padi organik di Belopa.

Dana ini akan digunakan dalam program pengadaan benih bersertifikat, perbaikan jaringan irigasi tingkat usaha tani, optimalisasi lahan sawah dari 100 hektar menjadi 200 hektar. Andi Pangerang mencontohkan, peningkatan paanen padi hingga 5 kali panen dalam dua tahun.

Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Aco Lamama, membenarkan pelibatan TNI untuk mendukung program Swasembada Pangan Berkelanjutan pada tahun ini. ” Kodim 1403 Sawerigading hanya menyiapkan lahan seluas 4 ribu hektar diseluruh wilayah kabupaten Luwu untuk mendukung program Swasembada pangan dikabupaten Luwu. Lahan 4 hektar untuk DIkerjasamaKAN dengan Dinas Tanaman Pangan dikabupaten Luwu,tujuannya untuk mendukung program Swasembada Pangan berkelanjutan sekaligus ingin merubah mean seat sistim tanam padi petani Luwu,”katanya.(and/shd)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Libatkan Kodim Palopo, Pemerintah Luwu Menuju Swasembada Pangan Berkelanjutan