TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM I/BB BUKA PELATIHAN KADER KETAHANAN PANGAN DI WILAYAH KODAM I/BB TAHUN 2015

By 13 Jan 2015 05:38Kodam I/Bukit Barisan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. Buka Pelatihan Kader Ketahanan Pangan Dalam Mendukung Program Swasembada Pangan Di Wilayah Kodam I/BB Tahun 2015 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Bibit Murni KM. 24, Tanjung Morawa Kab.Deli Serdang, Senin(12/1).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. menyampaikan Pelatihan kader ketahanan pangan ini diselenggarakan guna mendukung pemerintah melaksanakan program ketahanan pangan Indonesia 2015. Hal ini menunjukan betapa pentingnya pelatihan ini sebagai forum untuk meningkatkan wawasan, kreativitas, profesionalisme, kinerja dan koordinasi dalam upaya mendukung program pemerintah terkait swasembada pangan untuk 3 tahun ke depan, untuk itu para peserta pelatihan menyiapkan diri dengan baik sehingga mampu menyelesaikan pelatihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan di harapkan dengan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan program ketahanan pangan di wilayah masing-masing.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan TNI bersama dengan Kementerian Pertanian RI akan bersinergi dalam upaya mendukung program pemerintah tersebut Kodam I/BB akan menerjunkan para Babinsa sebagai penyuluh pertanian dan memotivasi para petani guna mempercepat proses keberhasilan mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Dengan harapan penyuluhan pertanian ini dapat memberikan nilai tambah, baik pengetahuan maupun keterampilan bagi peserta, sehingga dapat menjadikan bekal untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari di lingkungan masyarakat, untuk dapat menjadi pendorong kemajuan di daerahnya masing-masing, sehingga dapat mensukseskan swasembada pangan di masa mendatang.

Selanjutnya Pangdam I/BB menyampaikan guna menjamin terlaksananya gerakan operasional penyuluhan di lapangan, dan mengajak kepada para aparat kowil jajaran Kodam I/BB untuk benar-benar memahami tehnik-tehnik dalam pertanian yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat diimplementasikan dengan benar. Serta bertekad untuk menjadikan tahun 2015 sebagai tahun kerja keras penyuluhan pertanian serta tahun kebangkitan kembali penyuluhan pertanian, mampu memberikan inspirasi dan motivasi dalam mensukseskan target utama pembangunan pertanian serta bermanfaat yang sebesar-besarnya untuk mewujudkan kesejahteraan petani indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Utara H. Gotot Pujo Nugroho, S.T., M.SI menyampaikan sangat berterima kasih kepada Pangdam I/BB membuka pelatihan kader ketahanan pangan dalam mendukung program swasembada pangan di wilayah Kodam I/BB tahun 2015. Sesuai MOU Kasad TNI dengan Menteri Pertanian RI tentang kerja sama program pembangunan pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Target produksi setiap tahun terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Pada tahun 2015 target produksi padi sebesar 4.155.590 Ton gabah kering giling atau naik 15,3% jika dibandingkan tahun 2014.Produksi Jagung sebesar 1.309.912 Ton dan Kedele sebesar 10.866 Ton. Pertanian di Sumatera Utara akan menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi.

Lebih lanjut Gubernur Sumatera Utara menyampaikan dalam mempertahankan swasembada pangan tersebut diperlukan dukungan dari berbagai pihak seperti dari TNI, pemerintah Kabupaten/Kota, Stake Holder pertanian, penyuluh pertanian serta seluruh instansi yang terkait sehingga program kegiatan dapat dilaksanakan secara terintegrasi dan berkesinambungan. Program swasembada pangan di wilayak Kodam I/BB tahun 2015 diharapkan dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat petani dalam mendukung ketahanan pangan.

Dalam akhir sambutan Gubernur Sumatera Utara melalui kader ketahanan pangan dlam mendukung program swasembada pangan di wilayah Kodam I/BB tahun 2015 berharap terjadinya sinergitas kerja sama dengan Pemprovsum dan pemerintah Kabupaten/Kota. Para Babinsa dan penyuluh pertanian dapat mendorong gerakan Brigade tanam, Brigade Proteksi, Brigade panen dan akhirnya dapat meningkatkan produktivitas hasil, indeks pertanian dan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat petani.

Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Sahli Pangdam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS, Dandim 0204/DS, Bupati Deli Serdang, Kadis Pertanian Provsu, Kepala SKPD Provsu dan Kapolresta Medan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kodam Jaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM I/BB BUKA PELATIHAN KADER KETAHANAN PANGAN DI WILAYAH KODAM I/BB TAHUN 2015