TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PENGARAHAN KASAD KEPADA PRAJURIT TNI AD DAN PENYERAHAN BANTUAN KEPADA MASYARAKAT DI WINI PERBATASAN RI – RDTL

By 03 Jan 2015 Kodam IX/Udayana
Kasad

Pada Hari Kamis (01/01), setelah melaksanakan peninjauan ke Pulau Terdepan Pulau Batek, Bapak Kasad, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta rombongan melanjutkan agenda kegiatan dengan memberikan pengarahan kepada Para Prajurit TNI AD dan memberikan bantuan kepada Masyarakat Wilayah Perbatasan RI – RDTL di Pelabuhan Wini Perbatasan RI – RDTL.

Dalam kunjungan kerja ini Bapak Kasad didampingi oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro, Aslog Kasad Mayjen TNI Suratmo, Aster Kasad Mayjen TNI Wiyarto, dan Korspri Kasad Kol Inf M Fadjar, tiba di Wini dengan menggunakan Helly Bell 412 pada pukul 09.15 Wita.

Kedatangan Kasad beserta rombongan tersebut disambut dengan Tarian Adat dan dilanjutkan dengan pengalungan kain tenun adat oleh tokoh adat setempat, kemudian para penari adat mengiringi Bapak Kasad menuju ke Ruang Transit di Kantor Pelabuhan Wini.

Turut menyambut Bapak Kasad beserta rombongan adalah Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto, Irdam IX/Udayana dan Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Ka Balak Aju Jajaran Kodam IX/Udayana, Kasilog Rem 161/Wira Sakti Letkol Arh Eko Mulyadi dan Camat Insana Utara Dominicus Sio.

Bapak Kasad,Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI AD, yang terdiri dari Prajurit Satgas Pamtas RI RDTL Yonif 514/Raider Kostrad di Sektor Timur, Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif 744/SYB di Sektor Barat, Brigif 21/Komodo, serta Para Babinsa Kodim 1618/TTU dan Babinsa Kodim 1605/Belu.

Dalam pengarahan tersebut Bapak Kasad menyampaikan Puji Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas Rahmat dan Ridho-Nya sehingga dapat bertatap muka dan melihat langsung Kondisi Para Para Prajurit TNI AD di Wini Perbatasan RI –RDTL serta mengucapkan Selamat Natal 2014 dan Selamat Tahun Baru 2015 kepada khususnya kepara Para Prajurit TNI AD di wini Perbatasan RI – RDTL dan umumnya kepada Para Prajurit TNI AD dimanapun bertugas dan berada.

Lebih Lanjut Bapak Kasad menyampaikan bahwa, sesuai dengan Tema Natal Nasional 2014 “ Bersama Tuhan Dalam Keluarga “, maka kalau ingin damai, Tuhan harus bersama kita dalam keluarga dan Kasihilah sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri, serta para Prajurit TNI AD harus mencintai Rakyat.

Bapak Kasad menegaskan bahwa Acara Perayaan Tahun Baru 2015 yang dilaksanakan tadi malam (Rabu 31/12-red) agar dijadikan tradisi setiap tahun,dimana pelaksanaanya diatur pada lokasi yang berbeda dan bergiliran setiap tahunnya. Hal ini penting untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat.

Saya datang kesini, karena saya bangga dengan kalian, Prajurit Brigif 21/Komodo, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/Raider Kostrad dan para babinsa di wilayah perbatasan RI – RDTL tidak melakukan pelanggaran,tegas Bapak Kasad.

Selain itu, Lanjut Bapak Kasad, disini ada Putra daerah yaitu Letkol Cpl Simon Petrus Kamlasi Dandenpal 09-12-03 Kupang, telah berhasil menemukan tekhnologi Pompa Ram Hidrolik, yang mana rekayasa tekhnologi ini berhasil mengangkat air tanpa menggunakan BBM dan tanpa menggunakan listrik.

Dan juga, ucapan terima kasih Bapak Kasad kepada seluruh Masyarakat di wilayah Perbatasan RI – RDTL, khususnya di Wini yang telah mendukung semua pelaksanaan tugas TNI AD.

Dalam acara tersebut, Bapak Kasad memberikan kesempatan bertanya kepada Para Prajurit. Para Prajurit menggunakan kesempatan tersebut untuk bertanya,diantaranya Babinsa Kodim 1605/Belu dan Babinsa Kodim 1618/TTU yang menanyakan keterbatasan sarana transportasi kendaraan roda dua untuk para babinsa di perbatasan RI-RDTL dan Sarana Transportasi Truk di Kodim 1605/Belu dan Kodim 1618/TTU, serta masih terbatasnya jumlah babinsa di wilayah Perbatasan RI – RDTL.

Bapak Kasad langsung menanggapi pertanyaan ini, dengan memerintahkan Aslog Kasad Mayjen TNI Suratmo untuk segera dipenuhi kebutuhan sarana transportasi tersebut pada kesempatan pertama dan memerintahkan Aspers Kasdam IX/Udayanan Kol Inf Robert untuk segera melengkapi babinsa di wilayah perbatasan RI – RDTL.

Adapun pertanyaan yang dilontarkan dari Satgas Pamtas RI- RDTL, adalah Prajurit di Pos Motaain Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif 514/Raider Kostrad, yang menanyakan belum adanya listrik di Pos Motaain. Kemudian Bapak Kasad menanggapinya dengan langsung memerintahkan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto agar segera berkoordinasi dengan instansi terkait tentang pemenuhan kebutuhan listrik di Pos Motaain.

Setelah Pengarahan kepada Para Prajurit TNI AD, Bapak Kasad memberikan bantuan 20 ( dua puluh ) ekor sapi yang berupa uang tunai kepada 10 ( sepuluh ) desa di Perbatasan RI – RDTL, 4 (empat ) unit Pompa Hidrolik dan pemberian bantuan bibit kelor kepada 4 ( empat ) desa di wilayah Perbatasan RI-RDTL.

Di akhir Kunjungan Kerja Kasad, Masyarakat Wini dan sekitarnya, seolah tidak mau melewatkan momen penting ini dan berlalu begitu saja, berlomba-lomba dan berebutan untuk foto bersama dengan Bapak Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Pukul 09.50 Wita Kasad beserta rombongan meninggalkan Wini, kemudian melanjutkan agenda kegiatan kunjungan kerja selanjutnya ke Lahan Kelor Desa Mamsena, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU. (penrem 161/ws).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PENGARAHAN KASAD KEPADA PRAJURIT TNI AD DAN PENYERAHAN BANTUAN KEPADA MASYARAKAT DI WINI PERBATASAN RI - RDTL