Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Prajurit dan PNS Korem 171/Pvt Beserta Keluarga Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H

Dibaca: 78 Oleh 07 Jan 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prajurit dan PNS Korem 171/PVT beserta keluarga melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H yang dihadiri oleh, para Kasi Korem 171/PVT serta para Dansat, Ka Balak Aju Kodam XVII/Cenderawasih dan Penceramah Ustazd Drs. H. Mohammad Supran M. Rofiq, S.Pd, MM, bertempat di Masjid Al Mujahidin Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Selasa (07/01).

Dalam Sambutan Danrem 171/PVT  mengatakan bahwa peringatan hari-hari penting keagamaan dilingkungan TNI Angkatan Darat, seperti halnya peristiwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan saat ini, bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi, namun lebih dalam lagi kita bisa menggali hikmah dan nilai-nilai suci yang terkandung dalam peringatan tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa lahirnya Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada tanggal 12 Robi’ul awal Tahun Gajah  bertepatan  dengan tanggal 20 April 571 Masehi, saya berharap kita dapat mengambil hikmah peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai wadah untuk melakukan introspeksi diri atau penilaian terhadap segala amal ibadah dan aktifitas  sehari-hari.

Baca juga:  Dandim 1702/JWY Dinobatkan Sebagai Anak Adat Persekutuan Pelajar Wusihun

Peringatan hari-hari penting keagamaan di lingkungan TNI Angkatan Darat seperti peristiwa peringatan Maulid Nabi Muhammad Solallahu Alaihi Wasallam yang diselenggarakan saat ini, bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi, namun untuk lebih bisa menggali nilai-nilai suci yang terkandung di dalamnya.Setidaknya ada dua hikmah penting yang dapat kita ambil dari peringatan ini :

Pertama, kita diingatkan kembali untuk mensyukuri kemahabesaran Illahi yang telah mengutus Nabi Muhammad Solallahu Alaihi Wasallam untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang menjadi pedoman bagi kita dalam  melaksanakan tugas dalam dimensi hablum minallah dan hablum minannas, yaitu hubungan vertikal manusia dengan sang penciptanya dan hubungan horisontal antar sesama manusia.

Kedua, melalui peringatan Maulid ini, kita diingatkan pula untuk mawas diri sejauh mana kita telah mengaktualisasikan ajaran agama  yang diwahyukan oleh Allah Subhanahu Wata’ala melalui Nabi Muhammad Solallahu Alaihi Wasallam.

Rasulullah dengan kepribadiannya yang sempurna telah memberikan suri tauladan kepada kita untuk memiliki semangat pantang menyerah dalam upaya menegakkan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Upaya menegakkan hal-hal yang baik dan memerangi hal-hal yang buruk, akan selalu kita hadapi dalam dinamika kehidupan kita. Oleh karenanya, ketauladanan Rasulullah tersebut perlu kita padukan dengan pedoman dasar yang kita miliki, baik sebagai prajurit, Pegawai Negeri Sipil dan anggota Persit KCK maupun sebagai anggota masyarakat, sehingga sikap, tutur kata dan tindakan kita, senantiasa dapat memberikan ketenangan dan ketentraman bagi masyarakat di manapun kita berada dan bertugas.

Baca juga:  Danrem 172/PW Resmi Sandang Pangkat Brigadir Jenderal

Hal ini sangatlah relevan dengan tema peringatan kita kali ini yaitu “Jadikanlah keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai motivasi kejuangan prajurit TNI AD dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara”. “Tema tersebut menuntut komitmen kita untuk tetap konsisten dalam mengaplikasikan setiap pelaksanaan tugas saat ini dan di masa yang akan datang. Oleh karenanya agar tema ini dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi prajurit dan PNS jajaran Korem 171/PVT dalam melaksanakan tugas. (Cen/IKS).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel