TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SCREENING DALAM RANGKA OPERASI KATARAK GRATIS BAGI MASYARAKAT OLEH KODIM 0814/JOMBANG

By 13 Jan 2015 06:47Kodam V/Brawijaya
3. Bapak Muji, 57 tahun, tengah diperiksa oleh Tim Dokter guna menentukan layak atau tidaknya mengikuti operasi

Jombang (12/01 ). Bakti Sosial oleh Kodim 0814/Jombang dalam rangka serbuan teritorial di wilayah merupakan pelaksanaan salah satu tugas TNI-AD dalam OMSP yakni Pemberdayaan wilayah pertahanan yang biasa diimplementasikan dalam bentuk pembinaan Teritorial ( Binter ), dalam rangka membantu tugas pemerintah didaerah guna menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan di wilayah Kab. Jombang, sehingga Binter harus dilaksanakan secara terus menerus dengan melibatkan instansi maupun komponen bangsa lainnya secara terpadu.
Bertempat di Aula Makodim 0814/Jombang, pada hari Minggu 11 Januari 2015 diselenggarakan screening dalam rangka operasi Katarak gratis oleh Kodim 0814 bekerja sama dengan Pemda Kab. Jombang, Rs. NU dan Lembaga Sosial Ponpes Tebuireng serta LSM INTI. Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian sosial yang bersifat positif dalam merespon kesulitan rakyat yang menderita penyakit mata Katarak, terutama untuk meringankan beban finansial mereka , dengan melibatkan dokter – dokter yang berpengalaman dalam membantu penyembuhan penyakit mata mereka, sementara pelaksanaan screening ini bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan penyakit mata katarak yang diderita masyarakat untuk dioperasi.
Harapan kami selaku aparat teritorial tentunya untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat berupa penyakit mata katarak , sehingga dapat menggugah instansi terkait lainnya selaku sesama komponen bangsa untuk turut berpatisipasi dan meningkatkan kepedulian sosialnya terhadap masyarakat Jombang, demikian dikatakan Dandim 0814/Jombang Letkol Arm Muhammad Haidir S.I.P di sela kegiatan screening tersebut. Ditambahkan olehnya, bahwa tercatat sebanyak 1500-an orang telah mendaftar, dan hari ini yang hadir mengikuti screening sebanyak 820 orang, dan oleh Tim dokter dinyatakan terdapat 300 orang yang layak untuk operasi.
Adalah suatu kehormatan bagi kami Tim Dokter karena atas inisiatif Kodim 0814/Jombang, kami bersama komponen bangsa lainnya dapat memperoleh kesempatan berbuat sesuatu yang berarti dalam mengurangi beban atau permasalahan masyarakat Kab. Jombang, juga berharap agar bisa mendapatkan hasil seperti yang diharapkan setelah operasi nanti, dan kami juga harus berterima kasih kepada Pak Dandim yang telah mengajak kami untuk terlibat langsung dalam kegiatan ini, ungkap dr. Teguh dari Surabaya setelah memeriksa kondisi mata bapak Amali umur 74 tahun petani asal Dsn. Benjeng, Ds. Kepuhkajang, Kec. Perak, Kab. Jombang.
Bapak Amali salah satu pasien yang kondisi matanya layak untuk dioperasi, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada segenap panitia yang terlibat dalam kegiatan ini, karena tanpa kegiatan ini ( Operasi Katarak Gratis ) saya tidak tau apa yang harus saya lakukan sementara kondisi mata saya semakin parah dan tidak punya uang.
Hari ini adalah tahap screening yang harus diselesaikan, sementara pelaksanaan operasi direncanakan akan dilaksanakan pada hari Jum’at s/d Selasa tanggal 23 s/d 27 Januari 2015, bertempat di Rumah Sakit NU Jombang mulai pukul 07.30 sampai dengan selesai, demikian dikatakan Alumni Akmil 1995 tersebut dari kecabangan Artileri Medan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SCREENING DALAM RANGKA OPERASI KATARAK GRATIS BAGI MASYARAKAT OLEH KODIM 0814/JOMBANG