TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SOSIALISASI BUKU PRAKTIS WASBANG SAMAKAN PERSEPSI DANRAMIL DAN BABINSA DALAM BINTER

By 16 Jan 2015 03:01Kodam V/Brawijaya
LAPORAN KASI TER KEPADA DANREM 082

Mojokerto ( 14/01 ). Seperti yang telah kita maklumi bersama bahwa sesuai UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI , telah dijelaskan bahwa pemberdayaan wilayah pertahanan merupakan salah satu tugas yang tertuang pada operasi militer selain perang, dimana oleh TNI – AD pelaksanaannya diimplementasikan dalam bentuk pembinaan teritorial ( Binter ) dan selanjutnya Binter dijadikan sebagai fungsi utama TNI–AD seperti tertuang dalam doktrin Kartika Eka Paksi.

Menyadari akan hal tersebut, berdasarkan berbagai pertimbangan tentang keadaan geografi, demografi dan kondisi sosial wilayah NKRI, dikaitkan dengan UU RI nomor 3 tahun 2002 tentang sistem pertahanan negara yang bersifat semesta, maka Binter mutlak diperlukan dan harus dilaksanakan secara sungguh – sungguh dan terus menerus dalam rangka menjamin tersedianya komponen cadangan dan komponen pendukung sebagai bagian dari sistem pertahanan negara.

Dalam rangka menjamin setiap langkah Binter yang dilaksanakan oleh segenap aparat Satkowil, maka diperlukan sarana berupa kemampuan berkomunikasi bagi setiap prajurit Teritorial, yang mana dalam pelaksanaannya harus dapat menjamin kesamaan persepsi tentang Binter sehingga hasil pelaksanaan Binter dapat menjamin pola pengertian yang sama bagi obyek Binter, maka atas dasar itulah Korem 082/CPYJ bersama Staf Teritorial Kodam V/Brw, memanfaatkan celah waktu yang ada dengan kegiatan non program menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Buku Praktis bagi Danramil dan Babinsa tentang Wawasan Kebangsaan pada Kamis 14 Januari 2015 bertempat di Aula Makorem 082/CPYJ, dan bertindak sebagai nara sumber adalah Letkol Inf Drs. Didik dari Sterdam V/Brw.

Pada kesempatan tersebut Danrem 082/CPYJ Kolonel Czi Suparjo menyampaikan bahwa kegiatan non program ini sebagai upaya satuan dalam menindaklanjuti hasil evaluasi internal satuan, bahwa telah terjadi perbedaan pengertian diantara sesama aparat teritorial tentang pemahaman Binter, maka penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan komunikasi sosial oleh segenap aparat teritorial di wilayah, sehingga setidaknya dilingkungan Kodam V/Brw setelah diselenggarakannya sosialisasi ini dan diberikannya buku praktis bagi Danramil dan Babinsa, maka diperoleh keseragaman pengetahuan, keseragaman persepsi untuk menghindarkan perbedaan tafsir bagi segenap pelaku Binter di wilayah, sebagai modal utama dalam kemampuannya berkomunikasi sosial, terutama tentang wawasan kebangsaan. Apalagi peran Danramil dan Babinsa sebagai garda depan Binter diwilayah masing – masing, maka hendaknya mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh – sungguh, pelajari buku praktis yang akan diberikan secara cermat, sehingga diperoleh kesamaan persepsi tentang Binter khususnya Wasbang.

Kegiatan yang dihadiri para Dandim jajaran Korem 082/CPYJ beserta seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Korem 082 sebagai obyek sosialisasi tersebut berjalan dengan lancar, aman dan tertib, dan tentu saja acara sosialisasi ini menjadi semakin hidup ketika nara sumber Letkol Inf Drs. Didik memberikan kesempatan untuk berdialog tentang berbagai permasalahan yang timbul seputar permasalahan sosialisasi Wasbang di wilayah. Sementara Kasiterrem Letkol Inf Drs. Warsito selaku penanggung jawab teknis terhadap fungsi Teritorial di tingkat Korem, mengatakan bahwa kegiatan ini sudah lama direncanakan, namun karena sifatnya non program maka harus dicari waktu sela diantara kegiatan program yang sedang berjalan dan sekarang baru dapat direalisasikan, harapan kami tentunya semoga dapat meminimalisir terjadinya perbedaan pengertian dikalangan pelaku Binter di wilayah, sehingga mampu menjamin kesamaan pandangan antara apa yang telah diperbuat mereka dilapangan dengan harapan pimpinan tentang Binter khususnya masalah Wawasan Kebangsaan bagi masyarakat.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SOSIALISASI BUKU PRAKTIS WASBANG SAMAKAN PERSEPSI DANRAMIL DAN BABINSA DALAM BINTER