TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TIM TOURING GOWES KOREM 071/WK TIBA DI MAKOREM 071/WK

By 01 Jan 2015 01:21Kodam IV/Diponegoro
DSC_7451

Tim touring gowes Korem 071/Wk Bersama Rakyat TNI Kuat dan Bersama TNI Rakyat Sehat dalam rangka Hari Juang Kartika Ke-69 Tahun 2014 tiba di etape terakhir Makorem 071/Wk setelah melaksanakan kegiatan tour keliling wilayah jajaran Korem 071/Wk menempuh jarak 445 km selama lima hari dari tanggal 27 Desember 2014 lalu.

Touring gowes yang diikuti 69 orang tim inti dipimpin Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. dengan peserta termasuk didalamnya Danrem 071/Wk, Kasrem 071/Wk, para Kasirem 071/Wk dan anggota Makorem 071/Wk, perwakilan Kodim jajaran Korem 071/Wk, 071/Wk Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Unsoed Purwokerto, Radar Banyumaas dan Komunitas sepeda Banyumas. Melalui rute Banyumas-Cilacap menempuh jarak 183 Km, Cilacap melalui Majenang-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan dan Batang menempuh jarak 85 Km. Batang-Kajen Kab.Pekalongan-Dieng menempuh jarak 77 Km. Dieng Banjarnegara-Purbalingga-Makorem dengan jarak 80 Km.

Touring gowes dalam rangka Hari Juang Kartika Ke-69 Tahun 2014 ini bertujuan selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran prajurit juga sebagai wahana memupuk semangat juang prajurit TNI khususnya prajurit Korem 071/Wk dan jajarannya maupun Balak Aju yang ada diwilayah Korem 071/Wk. Selain itu juga untuk mengkampanyekan penghematan bahan bakar minyak dan energi kepada masyarakat umum.

Kegiatan touring gowes ini sebagai wahana untuk mengecek situasi dan kondisi wilayah jajaran Korem 071/Wk dan sebagai wahana mengkampayekan sepeda sebagai alat transportasi yang murah dan sehat serta ramah lingkungan.

Hal tersebut, sesuai yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. pada suatu kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mendekatkan diri dengan rakyat sehingga dapat mempererat hubungan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI semakin kuat. Disamping itu, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk patroli dan melihat secara langsung situasi dan kondisi wilayah jajaran Korem 071/Wk.

Touring gowes yang dilaksanakan Korem 071/Wk, selain melaksanakan kegiatan touring juga dilaksanakan kegiatan berupa bhakti sosial dengan menyantuni dan memberikan bantuan kepada warga kurang mampu dan anak yatim disetiap etape yang dilalui serta memberikan bantuan bibit tanaman dan melaksanakan penghijauan.

Etape terakhir pada hari kelima sebelum masuk finish di Makorem 071/Wk, tim gowes dengan titik start dari wilayah Kodim 0704/Bna hingga Kodim 0702/Pbg melaksanakan kegiatan pemberian bantuan bibit tanaman dan melaksanakan penghijauan di Desa Toyareka Purbalingga.

Penyerahan bibit tanaman secara simbolis dilaksanakan oleh Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. kepada warga setempat dilanjutkan penanaman pohon penghijauan oleh Danrem 071/Wk, Bupati Purbalingga beserta unsur Forkopimda Purbalingga. Selesai melaksanakan bhakti sosial berupa penanaman pohon penghijauan, tim gowes melanjutkan perjalanannya ke Makorem 071/Wk.
Setibanya di Makorem 071/Wk, tim gowes disambut prajurit dan PNS Makorem maupun Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk. Penyambutan dihiasi dengan haru biru oleh segenap warga Makorem maupun Balak Aju, karena mereka telah berhasil dan sukses mengemban tugas sebagai duta Korem 071/Wk.

Sebagai duta Korem 071/Wk, karena mereka dengan semangat juang yang tinggi melaksanakan kegiatan tanpa pamrih dengan bersepeda mengelilingi wilayah jajaran Korem 071/Wk untuk menyuarakan dan mengenalkan TNI kepada masyarakat bahwa TNI dekat dengan rakyatnya. Bersama Rakyat TNI Kuat, Bersama TNI Rakyat Sehat dan “TNI Batire Dhewek”.

Pada kesempatan jumpa pers, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa tujuan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Kita tahu bahwa sepeda adalah angkutan yang banyak digunakan masyarakat, sekarang bersepeda mulai dilupakan oleh masyarakat khususnya generasi muda kita. Oleh karena itu, kami mengajak kembali kepada masyarakat untuk memasyarakatkan bersepeda ini. Mengingat pada saat ini, energi sudah sangat terbatas dan harganya mahal.

Untuk peserta gowes ini, lanjutnya. Tim inti sebanyak 69 orang sesuai dengan Hari Juang Kartika Ke-69 Tahun 2014 ini, dan ditambah peserta dari berbagai kalangan masyarakat baik dari instansi pemerintah maupun onthelis atau komunitas sepeda ditiap kabupaten yang dilalui. Dengan tujuan memasyarakatkan sepeda, minimal diwilayah Korem 071/Wk apabila 1 hari saja tidak menggunakan kendaraan bermotor, melaksanakan kegiatan bersepeda akan menghemat energi, tidak menimbulkan polusi, sehat dan murah meriah.

Kami mengajak instansi pemerintah, pelajar maupun para orang tua serta masyarakat lainnya untuk bersepeda minimal 1 hari dalam seminggu bersepeda. Dengan bersepeda akan mengurangi polusi. Oleh karena itu, kami pelopori hal ini kepada masyarakat.

Salah seorang peserta touring gowes, Eka (17) pelajar SLTA N 3 Purwokerto warga Teluk Purwokerto Selatan, peserta perempuan yang tergabung dalam tim menyampaikan sangat senang dengan kegiatan tersebut. Dikatakan bahwa, selain untuk mengisi liburan sekolah juga sebagai sarana melatih kesehatan dan stamina tetap terjaga.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. menyerahkan piagam penghargaan kepada para peserta touring gowes khususnya dari peserta umum Unsoed, Radar Banyumas dan Komuinitas sepeda.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TIM TOURING GOWES KOREM 071/WK TIBA DI MAKOREM 071/WK