Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Upaya Masyarakat Beradaptasi Dengan Perubahan Iklim

Dibaca: 1300 Oleh 23 Jan 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bertempat di Aula Audiotorium Umus ( Universitas Muhadi Setiabudi ) Brebes telah dilaksanakan acara seminar Nasional Ekosistem Pesisir dan Perubahan Iklim dengan Tema “Upaya Masyarakat Beradaptasi Dengan Lingkungan Pesisir Akibat Perubahan Iklim”.

Bertindak sebagai narasumber pada seminar tersebut diantaranya Deputi Peningkatan Peran Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan KehutananChaerudin Hasim, SKM, M. Si, Working Group on Adaptation Council on Climate Change-Indonesia A. Rachmi Yuliantri, Direktur Pesisir Pulau Kecil Yayasan Kehati Bio Diversity Foundation Bapak Basuki Rahmat, Kelompok Masyarakat Pandansari Bapak Rusjan. Turut hadir pada tersebut Bupati Brebes yang diwalili Asisten Staf Ahli Bapak Dr. Angkatno M. Pd, Dandim 0713/Brebes yang diwakili Danramil 03/Wanasari Kapten Inf Hartoyo, Kadin Perikanan dan Kelautan Brebes, Kadin Pertanian Brebes, Para rektor Umus Brebes, Perwakilan BEM UPS Tegal, Perwakilan KMPB Bogor, Masyarakat Kawasan Pesisir Desa Limbangan Kec. Losari Kab. Brebes, Kamis (22/1).

Dalam sambutannya  Deputi Peningkatan Peran Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananmenyampaikan dengan kebijaksaan Presiden Republik Indonesia berharap kehidupan ekosistem mangrove  akan dipulihkan karena ekosistem mangrove itu erat kaitannya ekosistem wangun dan ekosistem karang.

Baca juga:  Danbrigif 6 Kostrad Hadiri Ziarah Rombongan Pangdam IV/Diponegoro di Astana Giribangun

Sementara itu, sambutan Bupati Brebes yang diwakili Asisten Staf Ahli Bapak Atmo yang menyampaikan kebijakan pengawalan wilayah brebes yang penting yaitu memperbaiki kondisi masyarakat pesisir pantai dengan membentuk daerah perlindungan melalui kreatifitas mangrove, bangun dan meningkatkan kepedulian masyarakat pesisir terhadap pelestarian sumber daya masyarakat, meningkatkan taraf hidup pesisir pantai melalui kumpulan budidaya ramah lingkungan, meningkatkan kesegaran pemahaman dan kemampuan komitmen masyarakat terhadap pemimpin masyarakat terhadap perbaikan kondisi lingkungan wilayah pesisir, terciptanya keseimbangan kelestarian ekosistem mangrove diwilayah Kab. Brebes.

Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain penenaman mangrove, pembuatan bangunan penahan erosi seperti talud, dan bronjong. Penguatan  kelembagaan melalui kelompok kerja mangrove didaerah Kab. Brebes, pembinaan kepada tomas di lingkungan pesisir dan peningkatan sumber daya masyarakat dipesisir.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel